oleh

Minat Baca Warga Pekanbaru Hanya 27,2 Persen

PEKANBARU, MORALRIAU.COM – Wakil Walikota (Wawako) Pekanbaru, Ayat Cahyadi membuka kegiatan sosialisasi Whole Brain Activation (WBA) Speed Reading di Hotel Pangeran, Senin (22/2). Dalam sosialisasi ini, para peserta diajarkan teknik membaca cepat agar bisa memahami bacaan dengan kilat.

“Saya baru saja membuka sosialisasi teknik baca cepat ini ditemukan Profesor Toha Maksun. Teknik ini sangat bagus sekali untuk meningkatkan minat baca masyarakat,” ujar Wawako usai membuka sosialisasi WBA Speed Reading.

Ia mengatakan hasil survei UNESCO, minat baca masih sangat rendah di Indonesia. Minat baca hanya 0,001 persen.

“Artinya, dari 1.000 orang, yang suka membaca hanya 1 orang. Makanya dengan teknik membaca ini akan membantu masyarakat, pelajar, dan mahasiswa dalam meningkatkan minat baca,” harapnya.

Di Pekanbaru, minat baca warga 27,2 persen. Hal ini berdasarkan data dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan  Daerah (Dispusip) Kota Pekanbaru.

“Jadi masih harus kita tingkatkan lagi minat baca,” ucap Ayat.

Kepada peserta diharapkan mengikuti kegiatan ini dengan baik. Dengan pelatihan ini diharapkan pada peserta mampu 20 kali lebih cepat membaca dan memahami bacaan secara kilat.

“Peserta juga mampu memahami isi bacaan dan menceritakan kembali,” tutur Ayat. (Kmf)

Komentar

News Feed