oleh

Datuk Podo Jalelo Persukuan Piliang Desa Alampanjang Beserta Perangkat Dikukuhkan

KAMPAR, MORALRIAU.COM – Datuok (Datuk) Podo Jalelo Persukuan Piliang Desa Alampanjang, Kecamatan Rumbio Jaya, Kabupaten Kampar, beserta perangkat yang dikukuhkan Minggu, (21/11/2021) dengan prosesi lazimnya gelar adat.

Pengukuhan digelar di rumah Soko Hj Nuruma di Dusun 1 Desa Alampanjang Kecamatan Rumbio Jaya.

Pengukuhan dilakukan oleh Datuk Majo Basau (besar) Pucuk adat Persukuan Piliang Darat yang Dan disaksikan oleh Datuok Putioh (datuk putih) Pucuk Adat Pesukuan Piliang Kenegerian Rumbio.

Suasana acara adat pengukuhan Datuk Podo Jalelo Persukuan Piliang Desam Alampanjang

Adapun Datuk yang Podo Jalelo yang dikukuhkan yakni, Zulkifli M.Pd (Datuok Zulkifli), Wakil Darlis, Pengawal Amri (Datuok Amri), Malin, H Huzairin, SP (Datuok Huzairin)

DR. Nurhamlin, MP

Prosesi gelar adat ini dimulai dengan arak-arakan Datauk Podo Jalelo menuju rumah soko, sedangkan ughang membawa jambar dan meletakkan di depan ninik mamak. Ini masuk rangkaian tradisi untuk makan berjam-jam adat setelah pengukuhan datuk.

Pengukuhan dilakukan oleh Datuk Majo Bosau yang ditandai dengan pemasangan kopiah kepada Zulkifli sebagai Datuk Podo Jalelo.

Pengukuhan Datuk Podo Jalelo berjalan hikmad dan lancar. Dihadiri tidak kurang dari 300-san anak-kemanakan menghadari acara adat ini.

Ketua Panitia pengukuhan Ninik Mamak Persukuan Piliang Datuk Pao Jalelo, DR H Nurhamlin, menyampaikan terima kasih begitu antusias anak kemenakan yang hadir di acara ini Para undangan dari limbago dan jiran tetangga se Desa Alampanjang juga hadir dalam acara ini.

Dikatakan, pengukuhan Datuok Podo Jalelo beserta perangkatnya dalam upaya memungsikan dan merevitalisasi kembali ninik mamak Persukuan Piliang dalam membina dan membimbing anak-kemenakan dalam masyarakat, sekaligus menjadi mitra desa dalam mensukseskan Desa Alampanjang.

“Kami berterima kasih atas dukungan semua pihak dalam acara ini berjalan lancar dan lancar hingga selesai, hanya Allah SWT yang akan membalas semua ini,” pungkas Nurhamlin. (*)

Komentar

News Feed