oleh

Sambut Tahun Baru Islam 1444 H, Mahasiswa Kukerta Balik Kampung Unri Adakan Lomba 1 Muharram

TAPUNG, MORALRIAU.COM – Menyambut tahun baru Islam 1444 H, Mahasiswa Kukerta Balik Kampung Universitas Riau (Unri) mengadakan perlombaan 1 Muharram di Desa Petapahan Jaya, Kecamatan Tapung Kebupaten Kampar. Perlombaan diadakan selama tiga hari, dimulai tanggal 27-29 Juli 2022.

Perlombaan 1 Muharram merupakan program kerja yang dirancang oleh mahasiswa Kukerta Balik Kampung Universitas Riau di Desa Petapahan Jaya Kecamatan Tapung.

Hal ini dilakukan dengan tujuan melatih anak-anak di Desa Petapahan Jaya agar lebih berani menampilkan bakat mereka didepan banyak orang. Selain itu perlombaan ini juga diharapkan dapat memacu semangat anak-anak untuk mengembangkan bakatnya.

Kukerta Balik Kampung di Desa Petapahan Jaya, beranggotakan Muhammad Rizky Aulia (Matematika), Andre Azhari (Matematika), Atika Indriani (Pendidikan Bahasa Inggris), Reni Ramadhani (Pendidikan Fisika), Endang Rahayu (Pendidikan Kewarganegaraan), Tika Eriyanti (Ilmu Pemerintahan), Rezaldi Prastya Utama (Ilmu Pemerintahan), Sulistiawati (Ilmu Pemerintahan), Wadiah Amalina (Ilmu Pemerintahan), dan Ahmad Zailani (Teknik Mesin).

Ada 4 jenis perlombaan antara lain lomba Adzan, Tilawatil Qur’an, Tahfidz Juz Amma’ dan Fahmil (Cerdas Cermat). Perlombaan ini diadakan di Masjid Jami’ Baiturrahman dan Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) Miftahun Najah Desa Petapahan Jaya.

Pembukaan diawali dengan perlombaan Adzan dan Tilawatil Qur’an diselenggarakan di MDTA Miftahun Najah, dan perlombaan Tilawatil Qur’an di Masjid Jami’ Baiturrahman.

Kemudian perlombaan Tahfidz Juz Amma’ dan Fahmil (Cerdas Cermat). Lomba Tahfidz dilaksanakan di Masjid Jami’ Baiturrahman, sedangkan untuk lomba Fahmil di MDTA Miftahun Najah.

Perlombaan tersebut dihadiri Ketua Badan Kesejahteraan Masjid (BKM) Masjid Jami’ Baiturrahman, Guru MDTA Miftahun Najah, pengurus Masjid Jami’ Baiturrahman, peserta lomba dan masyarakat Desa Petapahan Jaya.

“Kami sangat bersyukur karena kegiatan ini telah direncanakan selama dua pekan, sehingga esensinya pun tercapai dan hasilnya sangat memuaskan.” kata Mahasiswa Kukerta Universitas Riau Rizky.

Ditambahkan rekannya, Rezaldi menyebutkan, diakuinya memang ada sedikit kendala namun dapat diatasi. “Memang ada beberapa kendala yang terjadi seperti pengunduran jam pelaksanaan, namun dengan kerjasama yang baik antara rekan-rekan, masalah tersebut dapat diatasi dengan baik. Apalagi anak-anak dan peserta sangat antusias mengikuti perlombaan,” ungkap Rezaldi.

Menurut mereka, kegiatan ini tidak terlepas dari peran masyarakat dan Pemerintah Desa Petapahan Jaya dalam mendukung kelancaran acara ini sehingga dapat terlaksana dengan sukses.

Sementara itu Kepala Dusun II Desa Petapahan Jaya Nursalim mengatakan Mahasiswa Kukerta Balik Kampung Unri dengan mengadakan perlombaan untuk anak-anak di Desa Petapahan Jaya sangat bagus.

Dikatakan Kadus kegiatan ini dapat memacu anak didik untuk menjadi generasi yang lebih baik. Mereka bisa merasakan bagaimana Fastabikul Khairat atau berlomba-lomba dalam kebaikan.

“Bagi, anak-anak yang belum menang dapat termotivasi untuk lebih giat belajar dan tidak mudah putus asa dalam meraih cita-cita,” harap Kadus.

Hal senada juga disampaikan Ketua BKM Masjid Jami’ Baiturrahman Ali Subhan, beliau juga mendukung kegiatan Kukerta Balik Kampung Mahasiswa Unri dalam menyambut 1 Muharram 1444 H dengan diisi perlombaan keagamaan.

“Selaku pengurus masjid, saya mendukung kegiatan ini untuk membentuk generasi muda yang bisa dibanggakan. Generasi yang bisa dibanggakan adalah generasi yang berprestasi demi kemajuan umat Islam,” jelasanya.

Penulis: Wadiah Amalina

Komentar

News Feed