oleh

Resmi Tutup PON XX Papua 2021, Wapres Persembahkan Sebait Pantun

PAPUA, MORALRIAU.COM – Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin resmi menutup penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua tahun 2021 di Stadion Lukas Enembe. Dalam penutupan tersebut Wapres mempersembahkan sebait bantun.

Trada papua tra asik

Mari tong manyanyi sampai berisik

Semoga papua tambah cantik

Deng pembangunan paling terbaik” ucap Wapres saat menutup PON XX Papua tahun 2021 di Stadion Lukas Enembe, Jumat (15/10/2021).

Alhamdulillahhirobbilalamin, PON XX Papua tahun 2021 secara resmi saya nyatakan ditutup. Terimakasih, sampai berjumpa di PON XXI mendatang,” tambahnya dengan semangat.

Wapres mengatakan PON XX Papua tahun 2021 merupakan pekan olahraga tersulit karena harus dilaksanakan dalam situasi pandemi COVID-19.

Namun, ia merasa bangga karena Papua berhasil menyelenggarakannya dengan sangat baik bahkan sempurna.

“Bagi saya ini merupakan PON tersulit yang bisa di selenggarakan, tetapi ternyata warga Papua bukan saja mampu menyelenggarakannya bahkan berhasil menyelenggarakan dengan sempurna,” imbuhnya.

“Ini sesuai dengan semboyan Torang Bisa,” tegasnya.

Ma’ruf Amin juga merasa bangga dan terharu atas tekad dan dedikasi yang tinggi dari Pemerintah Papua dan masyarakat Papua. Hal itu lantaran telah bahu-membahu menyiapkan dan menyelenggarakan PON XX Papua tahun 2021 dengan sangat baik.

Kepada seluruh atlet, Wapres juga tidak lupa mengucapkan kata selamat atas pencapaian yang membanggakan yang diperoleh masing-masing atlet sehingga dapat mengharumkan nama daerahnya.

“Kepada seluruh atlet, saya ucapkan selamat atas pencapaian yang membanggakan khususnya atas keberhasilan pemecahan rekor sebelumnya dan bahkan terjadi pemecahan rekor tingkat Asean dan Asia,” pungkasnya.

Diinformasikan PON Papua mempertandingkan 56 cabang olahraga. Sebanyak 6.442 atlet berpartisipasi di pesta olahraga paling bergengsi se-Indonesia tersebut.

Berdasarkan hasil klasemen akhir perolehan medali PON XX Papua tahun 2021, Jawa Barat berhasil menyabet gelar juara umum dan bertengger di puncak klasemen dengan perolehan 133 medali emas, 105 perak, dan 115 perunggu, total 535 medali.

Kemudian, posisi runner up berhasil diraih DKI Jakarta dengan 111 medali emas, 91 perak, dan 99 perunggu, total 301 medali. Lalu, posisi ketiga ditempati oleh kontingen Jawa Timur dengan 110 medali emas, 89 perak, dan 88 perunggu, total 287 medali.

Selanjutnya PON 2024 akan dilaksanakan di Aceh dan Sumatera Utara. (Mcr)

Komentar

News Feed