oleh

Pemkab Rokan Hilir dan Masyarakat Laksanakan Sholat Istisqa

MORALRIAU.COM, BAGANSIAPIAPI – Kemarau panjang yang terjadi di Provinsi Riau saat ini mengakibatkan kabut asap dari kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) dibeberapa wilayah di Kabupaten Rokan Hilir mulai mengancam kesehatan.

Menyikapi hal ini Pemkab Rohil bersama jajaran Forkopimda lainnya beserta masyarakat menggelar Shalat Istisqa di Lapangan Perteba, Jalan Merdeka, Kota Bagansiapiapi, Rabu (18/9) pagi.

Dalam sambutannya, Bupati Rokan Hilir H Suyatno AMp, didampingi Wakil Bupati Rohil Drs H Jamiludin, Sekda Rohil Surya Arfan mengatakan, tujuan dilaksanakannya Salat Istisqa tersebut meminta kepada Tuhan Yang Maha kuasa agar turun hujan di Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau pada umumnya.

“Saya memberikan apresiasi kepada jajaran TNI/Polri maupun BPBD dan instansi terkait lainnya dalam hal penangguangan kebakaran hutan dan lahan,” katanya.

Pertemuan yang dilakukan Pemkab Rohil bersama Presiden RI Joko Widodo kemarin di Pekanbaru guna membahas masalah kebakaran hutan dan lahan yang kerap terjadi setiap tahun di Provinsi Riau.

“Kita sama-sama menyadari kendala-kendala ditemukan di lapangan, kendati demikian pemerintah sudah melakukan hujan buatan, namun kita tetap minta pertolongan kepada Allah SWT,” katanya.

Asap yang menyelimuti Provinsi Riau saat ini kata Suyatno tidak sepenuhnya disebabkan kebakaran dari Riau, namun asap di Riau merupakan kiriman dari provinsi lain.

“Mudah-mudahan Salat Istisqa yang kita laksanakan hari ini mendatangkan hujan. Kita dapat menjalankan aktivitas seperti biasa, anak-anak kita dapat bersekolah seperti biasanya,” katanya seraya mengatakan Pemkab Rohil kini masih meliburkan sekolah, disebabkan kabut asap. (Ardiyansah)

Komentar

News Feed