oleh

Muhadjir dan Jokowi Rapat Terbatas, Bahas Kehidupan Era Normal Baru

MORALRIAU.COM – Menteri Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy menggelar rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Keduanya membahas penanganan pandemi virus Korona atau Covid-19 di tanah air.

Muhadjir mengatakan, dalam rapat itu Presiden Jokowi berpesan supaya masyarakat untuk bersiap siaga untuk menghadapi era kehidupan baru di tengah pendemi virus Korona ini.

“Bapak Presiden juga menekankan pentingnya kita harus bersiap siaga untuk menghadapi era normal baru atau kehidupan normal baru‎,” ujar Muhadjir di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (18/5).

Menurut Muhadjir, kehidupan baru adalah masyarakat akan hidup bersama dengan virus Korona. Hal itu karena sampai saat ini belum ditemukannya vaksin terhadap virus Korona.

“Kita akan berada dalam situasi yang beda dengan normal sebelumnya yaitu menghadapi suasana lingkungan kita bersama-sama dengan Covid-19,” katanya, seperti dikutip Jawapos.

Lebih lanjut Muhadjir menambahkan, dalam rapat tersebut dibahas mengenai pelonggaran pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Dia diminta Presiden Jokowi untuk melakukan kajian yang matang. Sehingga tindakan yang diambil tidak salah langkah.

“Perlunya kajian yang cermat dan terukur dengan melibatkan banyak pihak untuk mempersiapkan tahapan-tahapan pengurangan PSBB,” ungkapnya.

Diketahui, Presiden Jokowi mengajak masyarakat hidup berdampingan dengan virus Korona atau Covid-19. Hal ini karena Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan terdapat potensi bahwa virus ini tidak akan segera menghilang dan tetap ada di tengah masyarakat.

“Artinya kita harus hidup berdampingan dengan Covid-19. Seperti yang saya sampaikan sebelumnya, berdamai dengan Covid.‎ Sekali lagi, yang penting masyarakat produktif, aman, dan nyaman,” ujar Jokowi.

Kepala Negara menegaskan, bahwa hidup berdampingan dengan Covid-19 bukan berarti menyerah dan menjadi pesimistis.

Justru kondisi ini merupakan titik tolak menuju tatanan kehidupan baru masyarakat untuk dapat beraktivitas kembali sambil tetap melawan ancaman Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. (*)

Komentar

News Feed