oleh

Kuansing Tampilkan Tema “Mengantar Anak Pancar oleh Induak Bako”

-KUANSING-241 views

TELUK KUANTAN, MORALRIAU.COM- Kabupaten Kuantan Singingi menampilkan tema “Mengantar anak pancar oleh induak bako” saat mengikuti pawai ta’aruf pada pembukaan MTQ ke 37 tingkat provinsi Riau, di kota Pekanbaru, Rabu (12/12/2018).

Kegiatan pawai taaruf yang di pusatkan di jalan Gajah Mada tersebut dihadiri seluruh kafilah kabupaten/kota. Hadir pada pembukaan pawai ta’aruf tersebut Gubenur Riau, Wan Thamrin Hasyim, Forkopimda Provinsi Riau, bupati/walikota serta Forkopimda kabupaten/kota se-Riau serta para kafilah kabupaten/kota se-Riau.

Dari Kabupaten Kuansing kafilah dipimpin oleh Bupati Mursini. Hadir juga dalam rombongan kafilah Kuansing, Kapolres, Kajari, Kepala Pengadilan Negeri, Pabung, sekda, para pejabat eselon II, dan eselon III.

Kafilah Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) tampil pada urutan ke lima. Setelah Kota Dumai, Pelalawan, Siak dan Bengkalis. Pada pawai MTQ kali ini, kafilah Kuansing menampilkan tema “mengantar anak pancar oleh induak bako” dengan pesertanya bajambar togak. Tidak kurang dari 200 peserta turut meramaikan ajang spektakuler tersebut.

Dengan tampilan adat dan budaya serta agama yang kental di bumi kota jalur Teluk Kuantan yang terus berbenah diri untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Kuansing yang agamis dan religi.

Tampilan lain yang disuguhkan kafilah Kuansing adalah peragaan silat pangean, tarian pacu jalur, dan peragaan miniatur perahu baganduang yang merupakan budaya dan tradisi dari Kecamatan Kuantan Mudik.

Kemudian salah seorang penari menyerahkan miniatur jalur kepada Bupati Kuansing Mursini untuk selanjutnya diserahkan kepada Gubenur Riau sebagai kenang-kenangan dari Kabupaten Kuansing.

Seraya berjalan kaki, seluruh peserta pawai tampak melambaikan tangan kepada Gubenur Riau dan rombongan yang duduk di panggung kehormatan. (*)

Komentar

News Feed