oleh

Kepala Desa Ulu Pulau Adakan Musrenbang Desa Tahun 2021

BANTAN, MORALRIAU.COM – Pemerintah Desa Ulu Pulau Kecamatan Bantan kabupaten Bengkalis, menggelar Musrenbang Desa, untuk tahun anggaran 2021. Kegiatan yang diselenggarakan di gedung pertemuan milik Desa Ulu Pulau, Senin (12/10/2020) sore.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Desa Ulu Pulau Haryanto SE dalam sambutannya mengatakan melalui kegiatan Musrenbang desa ini mendorong partisipasi masyarakat desa dalam menyusun perencanaan pembangunan tahunan di tingkat desa.

“Kegiatan ini di mulai dengan tahapan penggalian gagasan di tiap-tiap Dusun yang ada di Ulu Pulau dan hasil penggalian gagasan di tingkat Dusun juga turut di ikut sertakan sebagai bahan Musrenbang 2021/2022 di tingkat desa

Beberapa usulan tokoh masyarakat ikut mewarnai kegiatan ini dengan suasana hangat dan bersahabat di tanggapi oleh pihak desa maupun pihak kecamatan, dan beberapa dinas yang mengikuti Musrenbang desa, sehingga nampak komunikasi dua arah yang berjalan baik sehingga terciptanya usulan yang di rencanakan menjadi skala perioritas untuk usulan Musrenbang desa tahun 2021.

“Dengan Usulan-usulan dari bawah ini nantinya akan kita bawa ke Musrenbang tingkat kecamatan dan akan diputuskan hasilnya pada Musrenbang tingkat kabupaten,” ungkap kades.

Tampak mengikuti kegiatan tersebut Anggota BPD, LKMD, perwakilan Pemuda, Perwakilan Perempuan, Kelompok petani RT RW kepala dusun Babinsa, Dinas pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, babinkamtibmas, Camat bantan, serta para undangan dari dinas kesehatan, perikanan, Dinas sosial, dinas ketahanan pangan dan dinas lainnya dengan mengikuti protokol kesehatan sesuai dengan anjuran pemerintah.

Camat juga menang perencanaan partisipatif di tingkat desa yang melibatkan semua komponen masyarakat, lembaga kemasyarakatan, swasta dan pemerintah Desa/lembaga pemerintah lainnya yang ada di desa, sedangkan tujuan yang hendak dicapai dengan dilaksanakannya musrenbang desa adalah Menyepakati prioritas kebutuhan dan masalah yang sangat mendesak untuk direalisasikan dalam bentuk program maupun kegiatan pada tahun perencanaan/ tahun 2021/2022.

Dalam kesempatan itu juga Camat Sufandi menyampaikan beberapa hal selaku pedoman rencana kegiatan di tahun 2021 dan yang akan menjadi prioritas pembangunan Desa.

Beliau meminta agar usulan-usulan agar diklarifikasi lagi agar tepat sasaran nantinya sesuai dengan dinas yang akan ditujukan apa bila kita mengajukan proposal berupa bantuan, pelaksanaan MurenbangDes hari ini diharapkan bisa menetukan atau mengsulkan apa yang menjadi usulan sekala Prioritas pembangunan, memilih dan menetapkan delegasi Desa untuk mengikuti Musrenbang Kecamatan Tahun 2021 Nantinya.

Musrenbang desa ini adalah untuk menampung aspirasi desa Dengan melalui proses tahapan-tahapan sesuai dengan program usulan desa semoga dengan usulan yang dianggap prioritas bisa diterima pada Musrenbang tingkat kabupaten nantinya.

Untuk memenuhi bantuan usaha kelompok kelompok seperti pertanian, perikanan, perkebunan, sosial, kesehatan, infrastruktur jalan Dan program lainnya harus melengkapi persyaratan-persyaratan yang sudah diatur oleh pemerintah.

“Dengan adanya Musrenbang Desa ini masyarakat bisa menyampaikan secara langsung kepada narasumber dari Dinas-dinas terkait untuk mengusulkan program prioritas desa yang dibutuhkan kan sesuai dengan hasil musyawarah desa,” pesannya. (Mulya)

Komentar

News Feed