oleh

Ini yang Akan Terjadi Jika Bayi di Bawah 6 Bulan Minum Air Putih

MORALRIAU.COM – Minum air putih memang wajib dilakukan semua orang. Paling tidak, tubuh memerlukan minimal 8 gelas atau 2 liter air dalam sehari, meskipun tidak beraktivitas berat.

Tapi, sebenarnya ada batasan umur yang harus diterapkan untuk mulai minum air putih. Para ibu, harus menahan diri untuk tidak memberi bayi di bawah usia enam bulan air putih.

Bahkan, akan lebih baik memberikan bayi Anda ASI atau susu formula, yang dapat menangani semua kebutuhan mereka dengan baik, secara harfiah ketimbang harus memberikan air putih.

Dibanding air putih, ASI memiliki semua manfaat air, lemak, protein dan nutrisi lain yang tepat di dalamnya. Sementara untuk susu formula, dibuat dengan cara yang sesuai dengan kebutuhan bayi. Demikian dilansir Okezone dari situs The Health Site.

Selain itu, air bertindak seperti minuman nol kalori yang mengganggu kemampuan bayi untuk mengonsumsi lebih banyak ASI atau susu formula yang lebih padat kalori. Namun, disarankan untuk menyusui bayinya selama enam bulan pertama kehidupan.

Bahkan, kolostrum (susu kuning tebal) harus diberikan kepada bayi dalam waktu satu jam setelah melahirkan, karena memiliki sifat imunologi, sayangnya banyak orang membuang susu ini. Air adalah minuman nol kalori dan akan mengganggu asupan ASI dalam jumlah yang baik, yang lebih padat kalori.

Sonali Shivlani, seorang Ibu Hamil, Laktasi, dan Penasihat Gizi Anak bersertifikasi internasional menyebut, kalori lebih penting untuk bayi Anda, dibandingkan dengan air, untuk pertumbuhan fisik dan mental yang optimal selama bulan-bulan awal.

Memberikan air untuk bayi sebelum usia enam bulan, akan mengganggu kemampuan tubuh anak Anda untuk menyerap nutrisi dalam ASI atau susu formula. Kelebihan asupan air, akan membuat perut bayi Anda terasa kenyang, dan menolak ASI yang seharusnya baik.

Khawatir tentang dehidrasi? Nah, ASI atau susu formula jika dilakukan secara memadai dapat menjaga tubuh bayi dari dehidrasi. Tapi, kelebihan asupan air dapat menyebabkan pengenceran elektrolit dan cairan vital lainnya, yang menyebabkan keracunan air.

Karena itu, untuk alasan yang sama, jangan pernah mencairkan susu formula di luar tingkat yang direkomendasikan yang disebutkan dalam label. Berikan air pada bayi Anda hanya setelah usia enam bulan. Sumber okezone.com.

Komentar

News Feed