oleh

Gubernur Riau Promosikan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Riau

PEKANBARU, MORALRIAU.COM – Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar menghadiri sekaligus membuka acara Indonesia Creative Cities Conference. Pada acara tersebut Gubri menyebutkan menuju Riau  lebih baik melalui pariwisata dan ekonomi kreatif, disampaikannya di Hotel Pangeran Pekanbaru, Sabtu (27/11/2021).

Dalam sambutannya, Gubernur Syamsuar menyebutkan bahwa Provinsi Riau terdiri dari 12 kabupaten/ kota. Pada masing-masing daerah memiliki potensi berkaitan dengan pariwisata dan ekonomi kreatif. Dimana Provinsi Riau ini terdiri dari daratan dan kepulauan serta jumlah penduduk Provinsi Riau sekitar 6,3 juta jiwa.

“Ada beberapa lokasi pariwisata di Provinsi Riau yang telah di tetapkan secara nasional seperti di Pulau Jemur di Kabupaten Rokan Hilir,” sebut Gubri.

Dilanjutkannya, Pulau Jemur ini berbatasan langsung dengan Malaysia dan terdapat penyu yang telah di tetapkan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan sebagai cagar budaya penyu.

Berikutnya, ada beberapa tempat pariwisata yang ada di Kota Pekanbaru. Terdapat Candi Muara Takus yang berada di Kabupaten Kampar, berikutnya di Kabupaten Siak Sri Indrapura yang juga telah ditetapkan sebagai cagar budaya sebagai kota pusaka yang telah ditetapkan oleh Menteri PU dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

“Ada juga Bukit Tigapuluh merupakan taman Nasional yang berada di Rengat, Kabupaten Indragiri Hulu,” lanjutnya.

Terangnya, di Provinsi Riau juga terdapat kawasan wisata strategi nasional yaitu di Pulau Rupat, di Kabupaten Bengkalis. Pulau Rupat ini juga di dampingi beberapa pulau kecil yang cukup indah.

“Itulah beberapa daerah yang kami tampilkan tentunya untuk mendorong pariwisata yang ada di Provinsi Riau,” ucapnya. (Mcr)

Komentar

News Feed