oleh

Bupati Adil Buka Workshop Pembuatan Video Mengunakan Canva Songsong Era Society 5.0

MERANTI, MORALRIAU.COM – Bupati Meranti H Muhammad Adil SH MM buka secara resmi kegiatan Workshop Pembuatan Video Pembelajaran mengunakan Canva bagi guru dengan tema pempersiapkan sumber daya guru unggul Kabupaten Kepulauan Meranti untuk menyongsong Era Society 5.0 bersama Fakultas UMRI di Gedung Afifa, Senin (01/08/2022).

Acara di awali dengan laporan kegiatan oleh Kepala Dinas Pendidikan H Suardi bahwa kegiatan workshop ini tentang komunikasi bagaimana guru-guru bisa menggunakan ilmu teknologi dalam mendesain baik itu bersifat video maupun bersifat teknologi. Guru-guru yang ikut semuanya berjumlah 897 dan pada pagi ini yang mengikuti 199 kita membagi beberapa gelombang karena tidak dapat dilaksanakan secara keseluruhan.

“Mohon maaf kepada Bupati Meranti H Muhammad Adil SH MM di pagi hari ini juga mungkin ada sekolah yang tidak full pembelajaranya karena guru-gurunya dipanggil sini, kemudian juga mohon maaf kepada Bupati maklumlah pak guru guru kami ini memang ceria ceria semua nampaknya gembira berjumpa pimpinanya jadi kita percayakan guru-guru berkompetensi untuk melaksanakan program kegiatan ini,” kata Suardi.

Kepada Bupati Suardi berharap mungkin ada kebijakan supaya non sertifikasi tentang kegiatan seperti ini agar terjadi pemerataan pengetahuan tentang teknologi kepada guru-guru, “Harapan saya yang selanjutnya disamping ilmu ini yang tidak permanen banyak guru-guru kami kepala sekolah berkeinginan sekali untuk dapat melanjutkan pendidikan S2 supaya terjadi persamaan di aspek sertifikasi pendidikan atau kompetensi pendidikan”, harapnya H Suardi.

“Kemudian kami juga berharap kepada semua peserta ikuti dengan seksama kegiatan ini pelajari dengan fokus karena pembelajaran kontekstual sekarang mulai sudah hilang”, akhirnya H Suardi.

Kemudian sambutan Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas UMRI Jayus Sos M I Kom dia mengatakan bahwa, pelatihan ini telah dilakukan di Kabupaten Kampar ada guru SD dan SMP yang membuat pembelajaran video persentasi, mudah-mudahan ini sangat mudah bisa menggunakan handphone lebih leluasa menggunakan. Dalam mempersiapkan sumber daya guru berarti menyongsong era Society dapat disampaikan bahwa era Society 5.0 muncul untuk mengantisipasi mengerem alamat spasi error industri revolusi industri 4.0 menitikberatkan penggunaan segala sesuatunya artifisial intelijen buatan semuanya full internet itu artinya diadakan fungsi manusia.

“Kegiatan ini akan dilaksanakan perkecamatan gelombang 1 Kecamatan Tebing Tinggi Barat gelombang 3 Kecamatan Rangsang Pesisir kemudian Kecamatan Tebing Tinggi Timur dan Kecamatan Rangsang, Kecamatan Tasik Putri untuk gelombang 1 2 dan 3 di sini kemudian gelombang 4 akan melaksanakan yang pertama di SMP Negeri 1 Merbau”, ujarnya

Kemudian dilanjutkan Bupati Meranti H Muhammad Adil SH MM, ia memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan yang telah menggelar kegiatan pelatihan aplikasi Canva bagi guru SD/SMP bersertifikasi se Kabupaten Kepulauan Meranti pada hari ini, untuk mengikuti kerjasama workshop pembuatan Video pembelajaran dengan tema “Mempersiapkan Sumber Daya Guru Unggul Kabupaten menyongsong Era Society 5.0”. memberikan apresiasi dan setinggi-tingginya kepada Dinas Kepulauan Meranti untuk peran guru sangat strategis dan penting dalam upaya keningkatkan SDM di Indonesia khususnya di Kabupaten Kepulauan Meranti ini, agar tidak terus tertinggal dari negara lain, karena Pendidikan pada hakekatnya adalah usaha untuk mengembangkan kepribadian dan skill yang berlangsung seumur hidup, baik internal maupun eksternal sekolah.

Karena itu pendidikan merupakan tanggung jawab bersama antara keluarga, masyarakat dan sekolah maupun pemerintah. Dalam hal ini sekolah merupakan lembaga yang berperan menyiapkan peserta perkembangannya secara optimal, baik segi fisik, mental emosional, sosial dan intelektual.

Sekolah adalah suatu lembaga yang sangat penting untuk menghasilkan bangsa yang mempunyai kemampuan manusia-manusia penerus intelegensi, moral, dan spiritual yang seimbang. Untuk menghasilkan manusia berkualitas diperlukan usaha dan kerja keras yang tidaklah mudah dari berbagai pihak, yaitu siswa, keluarga, masyarakat dan juga para pendidik.

“Di era Society 5.0, dunia pendidikan di
haruskan untuk memberikan kontribusi yang sangat penting bagi peningkatan kualitas sumber daya manusia, era society 5.0 menuntut setiap orang untuk lebih kreatif, inovatif, adaptif, terampil, produktif dan kompetitif. Tenaga pendidik didorong untuk lebih aktif sebagai aktor utama dalam proses pembelajaran. Pendidik harus mampu menguasai berbagai keterampilan dan spesialisasi salah salah satunya dengan menguasai aplikasi Canva dalam pembuatan video pembelajaran”, ungkapnya H Muhammad Adil SH MM.

Adil berharap, kepada para tenaga pendidik dan peserta didik agar cepat beradaptasi dengan perkembangan teknologi seperti sekarang ini, namun dingat untuk tetap menjaga komunikasi dan kolabrasi yang baik, agar pembelajaran di era society 5.0 yang kompleks II dapat berjalan sesuai dengan yang diarapkan.

Terakhir bupati ucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah terlibat dalam suksesnya kegiatan ini.

“Semoga kita semua mampu menciptakan SDM yang berkualitas, sesuai dengan kebutuhan dan tantangan zaman, sebagai upaya mempersiapkan sumber daya unggul di Kabupaten Kepulauan Meranti. Sampan tersangkut di ranting dahan, ikan dipancing malah terlepas, kepada guru pendidik saya harapkan ciptakan sumber daya manusia berkualitas”, ungkapnya H Muhammad Adil SH MM.

Acara di akhiri dengan pembukaan secara resmi oleh Bupati Meranti H Muhammad Adil SH.***(Mihrab.P)

Komentar

News Feed