oleh

Wagubri: Mari Jadikan Al-Quran Pegangan Hidup

BAGANSIAPIAPI, MORALRIAU.COM – Wakil Gubernur Riau (Wagubri) Edy Natar Nasution mengajak seluruh masyarakat Riau untuk menjadikan momentum pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Provinsi Riau, untuk menjadikan Al-Quran dan Hadis Nabi sebagai pedoman dan pegangan hidup yang hakiki.

Selain itu ia menginginkan, dengan menjadi Al-Quran sebagai pegangan hidup, dapat membentuk akhlak dan kepribadian umat Islam di Provinsi Riau, khususnya masyarakat Kabupaten Rohil sebagai tuan rumah MTQ ke XL tingkat Provinsi Riau tahun 2022.

“Marilah kita jadikan Al-Quran dan Hadis Nabi sebagai pegangan hidup untuk membentuk akhlak umat Islam,” ucapnya, dalam penutupan MTQ di Rohil, Sabtu (29/7/22) malam.

Wagubri menyebutkan, upaya untuk mewujudkan Provinsi Riau yang maju, sangat tergantung pada kualitas sumber daya manusia. Oleh karena itu, menurutnya semua pihak harus mempunyai perhatian yang besar kepada pembangunan Sumber Daya Manusia di Riau.

Sasarannya adalah terwujudnya manusia yang bertakwa, pekerja keras yang dinamis, produktif, terampil, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi dan berakhlak mulia.

“Peran umat Islam sebagai mayoritas di Provinsi Riau sangat menentukan dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang unggul,” ucapnya.

Edy Nasution menambahkan, Al-Quran telah menyebutkan perlunya umat Islam mempersiapkan sumber daya manusia yang unggul antara lain disebutkan dalam Al-Quran surah An-Nisa ayat 9. Yang artinya hendaklah orang-orang itu takut apabila mereka meninggalkan generasi penerus yang lemah di belakang mereka, oleh sebab itu hendaklah mereka bertakwa kepada Allah dan mengucapkan perkataan yang benar.

Selain itu menurutnya, hal tersebut juga diperkuat oleh Hadis Nabi Muhammad yang artinya sesungguhnya orang yang terbaik di antara kalian ialah orang yang paling baik akhlaknya.

“Dapat dipahami dengan jelas keharusan umat Islam untuk memiliki akhlak ataupun karakter yang baik. Baik dalam konteks hubungan dengan Allah, maupun hubungan dengan sesama manusia,” tutupnya. (*)

Komentar

News Feed