oleh

Wagubri Beberkan Keunggulan Daging Ikan Berkualitas, Ini katanya

PEKANBARU, MORALRIAU.COM – Pada Puncak peringatan Hari Ikan Nasional (Harkannas) ke-8 tahun 2021, Wakil Gubernur Riau (Wagubri), Edy Natar Nasution, menyampaikan beberapa keunggulan daging ikan berkualitas. Kegiatan berlangsung di Ruang Terubuk Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Riau, Kamis (25/11/2021).

Menurutnya, ikan merupakan salah satu sumber protein hewani yang tepat dalam penyediaan gizi yang sehat, halal dan baik terhadap keluarga. Karena hasil penelitian telah menunjukkan bahwa protein yang dikandung ikan berkualitas memiliki beberapa keunggulan di antaranya yaitu kadar kalesterol ikan rendah.

“Selain itu daging ikan memiliki lemak tidak jenuh (omega 3) yang dapat mencegah penyakit jantung,” kata Edy Nasution menjelaskan.

Selanjutnya, ia kembali menyampaikan keunggulan lainnya dari daging ikan seperti penyerapan protein ikan yang lebih tinggi, dibandingkan protein hewani lainnya. Sehingga mudah dicerna dan mudah bagi orang yang memiliki masalah pada pencernaan.

“Ikan kaya akan paspor yang penting bagi sel dan metabolisme tubuh, ikan juga kaya akan zat besi yang diperlukan untuk hemoglobin tubuh, serta mengandung zinc yang penting untuk perkembangan otak sehingga sangat bagus untuk anak-anak,” jelas Wagubri.

Wagubri memberi penjelasan bahwa ikan juga kaya akan iodine, bagian penting dari thyroxin yaitu, hormon yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan fisik dan mental.

“Bagi masyarakat yang mengkonsumsi ikan lebih banyak tentunya bisa terhindar dari penyakit degeneratif seperti jantung koroner, darah tinggi, stroke, diabetes, kangker serta meningkatkan kecerdasan,” pungkasnya.

Sebagai informasi, peringatan Hari Ikan Nasional yang ke-8 telah ditetapkan dengan Keputusan Presiden nomor 3 tahun 2014 dengan makan ikan bersama.

Turut hadir pada puncak Peringatan Hari Ikan Nasional tahun 2021 di Provinsi Riau, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Riau Herman Mahmud, Ketua TP PKK Provinsi Riau yang juga istri gubernur Riau Hj. Misnarni Syamsuar. Kemudian, juga hadir Wakil Ketua TP PKK Provinsi Riau Suti Muryati Edy, yang juga istri Wakil Gubernur Riau dan tamu undangan lainnya. (mcr)

Komentar

News Feed