oleh

UPT Puskesmas Bengkalis Gelar Inovasi Pentingnya Hidup Sehat

BENGKALIS, MORALRIAU.COM – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bengkalis melalui Unit Pelaksanaan Teknis (UPT) Puskesmas Bengkalis Kecamatan Bengkalis menggelar program berinovasi kepada masyarakat, Jumat (17/9/2021) di UPT Puskesmas Bengkalis.

UPT Puskesmas Bengkalis berinovasi ini dengan membentuk warung sagu (seimbang, Aman, Gizi, utama) yang bertujuan agar masyarakat Gemar mengkonsumsi sayur dan buah- buahan guna memenuhi nutrisi keluarga dan juga membuat tempat coin penting sejenis kotak amal untuk pencegah stunting yang bertujuan untuk pencegahan stunting Bagi ibu hamil Dimulai dalam kandungan 1000 Hpk.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Puskesmas Bengkalis Hj.Dr.Rima Budiarti didampingi Syaiful UPT Puskesmas Bengkalis dan ahli gizi UPT Puskesmas Bengkalis Tengku Desisanti.

Kepala Puskesmas Bengkalis Hj. Dr. Rima Budiarti mengatakan kepada awak media, ini program berinovasi ada salah satu program dari pemerintah pusat yaitu gerakan masyarakat hidup sehat (germas) maka pihak Puskesmas Bengkalis membuat program berinovasi kepada masyarakat yang bertujuan agar masyarakat mengetahui pentingnya mengkonsumsi buah-buahan dan sayur mayur.

Lanjut dia sayuran dan buah-buahan merupakan sumber vitamin dan mineral dan serat pangan vitamin yang terkandung dalam sayuran sebagai kekuatan dalam tubuh dan kalau serat yang ada dalam sayur-sayuran berfungsi untuk sebagai pencernaan melancarkan pencernaan di dalam tubuh.

“Kami berinovasi menyediakan warung Sagu di puskesmas Bengkalis ini untuk memancing supaya masyarakat gemar makan sayur dan buah-buahan apalagi anak-anak yang biasanya sangat susah untuk makan sayur. Dengan adanya Inovasi ini anak -anak kita bisa memahami pentingnya mengkonsumsi buah buahan dalam sehari -hari,” ujarnya.

Lanjutnya lagi, berinovasi donasi coin penting ini untuk pencegahan stunting gunanya untuk memberikan bantuan kepada ibu hamil agar mendapatkan gizi yang seimbang dalam tubuhnya mulai dari 1000 hari selama kehamilan agar mendapatkan gizi yang baik untuk mencegah terjadinya anak stunting.

Kemudian uang yang dikumpulkan melalui coin penting yang di berikan masyarakat akan dibelikan bahan makanan yang bergizi untuk ibu hamil seperti sayuran, Buah-buahan, susu dan nutrisi lainya.

Program berinovasi ini kata Rima akan diadakan setiap hari sabtu di Puskemas, masyarakat bisa mengambil sayur-sayuran dan buah-buahan Secara geratis yang sudah disiapkan  di warung” SAGU”.

“Apabila bapak/ibu ingin menyumbangkan sayuran, dan buah-buahan boleh meletakkan diwarung sagu yang sudah kami siapkan karena ini bersifat dari kita untuk kita,” ungkapnya.

Hal senada yang disampaikan Ahli gizi UPT Puskesmas Bengkalis Tengku Desi Santi berharap masyarakat dan anak-anak gemar mengkonsumsi sayur dan buah-buahan yang sehat menuju hidup sehat, serta mengetahui pentingnya mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan untuk diri sendiri dan kegunaan lainnya untuk mencegah stanting dimulai sejak dalam kandungan.

Inovasi ini supaya ada di wilayah Puskesmas kecamatan Bengkalis sudah mengetahui apa kegunaannya sayur dan buah untuk dirinya sendiri dan juga mereka sudah peduli akan pentingnya 1000 hari pertama kehidupan pada saat kehamilan di dalam kandungan untuk penanganan balita. (Mulya)

Komentar

News Feed