oleh

Umbas Yakin Fit and Proper Test Komjen Sigit di DPR Lancar

MORALRIAU.COM – Calon Kapolri pengganti Idham Azis yang menjadi pilihan Presiden Jokowi jatuh ke sosok Komjen (Pol) Listyo Sigit Prabowo. Nama lulusan Akpol 91 itu sudah secara resmi dan sudah resmi diajukan ke DPR.

Ketua Umum Arus Bawah Jokowi (ABJ) Michael Umbas yang sebelumnya sempat memberi pernyataan kriteria sosok pilihan Jokowi yang mengarah ke sosok Komjen Listyo Sigit, berharap proses fit and proper rest di DPR berlangsung lancar.

“Sebagai pendukung Pak Jokowi kami berharap pilihan beliau bisa dikawal dengan baik oleh partai pendukung di DPR sehingga tahapan fit and proper test mulus dan lancar,” katanya kepada media di Jakarta,seperti dimuat jawapos Rabu (13/01).

Umbas pun yakin sosok Listyo Sigit akan diterima baik di DPR. Karena sebelumnya sudah banyak menggelar rapat bersama.

“Ya, sebetulnya kan sosok Pak Sigit ini selain Pak Jokowi sreg, teman-teman di DPR juga klop. Justru sebelum diajukan ke Presiden, dukungan mengkristal dari teman-teman di DPR,” tukasnya.

Umbas juga yakin, proses Presiden Jokowi memutuskan Komjen Listyo Sigit Prabowo, sebagai calon kapolri tunggal dilakukan secara normatif namun tetap akomodatif. Tentu ada beberapa pertimbangan.

“Yang kami ikuti dari internal beliau, Presiden secara objektif dan terukur telah melihat dan mempertimbangkan semua calon yang diusulkan lalu memutuskan satu nama. Beliau mengkomunikasikan dengan pimpinan partai pendukung agar punya spektrum pandangan yang sama hingga kemudian pilihan presiden tersebut disepakati,” ujar Umbas.

Meski demikian, lanjutnya, proses penetapan calon Kapolri tidaklah mudah karena Presiden harus mempertimbangkan berbagai aspek serta dinamika politik, hukum dan keamanan nasional.

“Tetapi pada dasarnya lima calon yang diusulkan oleh Kompolnas sama-sama punya kualifikasi mumpuni, sehingga siapa pun pilihan Presiden pasti yang terbaik,” tandasnya.

“Jauh hari saya menilai, beliau (Sigit, red) butuh figur yang memiliki kemampuan dan pengalaman serta teruji dalam menangani berbagai masalah,” papar umbas. (*)

Komentar

News Feed