oleh

Tolak Surat Bebas Covid-19, Demo Pekerja di Italia Ricuh

ROMA, MORALRIAU.COM – Aksi protes menolak kebijakan yang mewajibkan seluruh pekerja di italia untuk menunjukan surat keterangan sehat atau telah divaksin yang digelar di kota Roma, Italia, pada Sabtu (9/10) berujung ricuh.

Kericuhan bermula, saat sekelompok pengunjuk rasa mencoba menerobos penjagaan polisi untuk dapat masuk ke kantor perdana menteri Italia, Mario Draghi. Sementara kelompok pengunjuk rasa lainnya berusaha menerobos masuk ke markas serikat pekerja Italia.

Akibatnya, pihak kepolisian mengerahkan mobil meriam air atau water canon serta menembakan gas air mata ke arah massa pengunjuk rasa.

Aksi protes ini digelar beberapa hari sebelum Italia menjadi negara pertama di Eropa yang mewajibkan seluruh pekerja di italia untuk membawa surat keterangan sehat atau telah mendapatkan vaksin, sebagai upaya untuk mempercepat program vaksinasi.

Awalnya, kebijakan wajib untuk menunjukkan surat keterangan berupa sertifikat digital atau kertas yang menyatakan seseorang telah mendapatkan setidaknya satu dosis vaksin, dinyatakan negatif saat melakukan pemeriksaan atau baru saja pulih setelah terinfeksi covid-19, digunakan untuk memudahkan warga berpergian antar negara di wilayah Uni Eropa. (Ner/Reuters/tvonenews)

Komentar

News Feed