oleh

Sudah 18 Kali Beraksi, Pelaku Ganjal ATM di Pekanbaru Ditangkap Polisi

PEKANBARU, MORALRIAU.COM – Pelaku kejahatan spesialis pengganjal kartu Anjungan Tunai Mandiri (ATM) ditangkap Polsek Tampan, Pekanbaru, di Jalan Teropong, Kamis (10/09/2020).

Kedua pelaku adalah WAP dan HM dengan korban bernama Yulhot Ferawati yang hendak melakukan transaksi di galery ATM di SPBU jalan Delima, Ahad (6/9/2020).

“Saat transaksi ATM milik korban tersangkut dan tidak dapat dikeluarkan. Kemudian korban menanyakan kepada tersangka Wendra yang sedang berpura-pura melakukan transaksi di mesin ATM lain. Kemudian pelaku mengarahkan korban untuk mengikuti petunjuk secara menual agar bisa melakukan transaksi dan mengeluarkan kartu ATM milik korban,” cakap Kapolsek Tampan Kompol Hotmartua Ambarita, mengkutip dari cakaplah.com, Jumat (11/09/2020).

Kemudian korban mengikuti arahan pelaku. Setelah mengetahui PIN ATM milik korban, pelaku keluar untuk menunggu korban pergi meninggalkan gerai ATM.

Selanjutnya pelaku lainnya, HM menginformasikan kepada WAP bahwa korban sudah pergi kemudian pelaku masuk lagi untuk mengambil kartu ATM milik korban yang tertinggal di mesin ATM.

“Setelah mendapatkannya kedua tersangka pergi ke Indomaret dan Alfamart di tempat lain untuk melakukan penarikan dan transfer dengan menggunakan kartu ATM korban sehingga korban mengalami kerugian sebesar Rp 16 juta,” jelasnya.

Setelah petugas kepolisian melakukan penyelidikan berdasarkan rekaman CCTV yang berada di mesin ATM, diketahui bahwa kedua orang pelaku adalah pelaku spesialis bobol ATM yang sudah 18 kali beraksi. Dan setelah keberadaan kedua pelaku itu diketahui, kemudian dilakukan penggerebekan dan penangkapan terhadap kedua pelaku.

“Pelaku mengakui bahwa telah melakukan pencurian uang dengan modus operandi ganjal ATM tersebut dan sebelumnya sudah melakukan perbuatan di tempat lain sebanyak 18 kali,” pungkasnya.

Adapun TKP lainnya, ialah ATM Bank BRI Komplek SPBU depan pasar Selasa sebanyak 3 kali. ATM Bank BRI di Swalayan Jalan Cipta Karya sebanyak 3 kali. ATM Bank BRI Komplek SPBU Delima jalan Srikandi sebanyak 3 kali. ATM Bank BRI Komplek SPBU Jalan Riau sebanyak 2 kali. ATM Bank BRI depan kantor Sat Pol PP Jalan Pepaya sebanyak 3 kali. (*)

Komentar

News Feed