oleh

Sidang Paripurna DPRD Hari Jadi Kabupaten Kampar ke-71 Tahun, Mari Basamo Mambolo Naghoi

KAMPAR, MORALRIAU.COM – Sidang Paripurna DPRD Kampar dengan agenda memperingati hari jadi Kabupaten Kampar ke 71 tahun 2021, sidang paripurna dibuka oleh Ketua DPRD kabupaten Kampar Muhammad Faisal ST dan didampingi wakil ketua Repol SAg, Fahmil serta Toni Hidayat di gedung DPRD Kampar, Sabtu (6/2/21).

Bupati Kampar H.Catur Sugeng Susanto SH hadir bersama Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution serta Sekretaris Daerah Drs. Yusri M.Si dan Porkopimda.

Ketua DPRD Kampar Muhammad Faizal saat memimpin sidang paripurna menyampaikan sidang paripirna di hari jadi Kabupaten Kampar ke 71 tahun 2021 agak berbeda dari tahun sebelumnya, hal ini mengingat situasi masih pandemi Covid-19, untuk itu peringatan hari jadi Kabupaten Kampar di tahun ini berlangsung secara terbatas. Namun sidang paripurna dilakukan secara virtual dengan tujuan mencegah Covid-19 di Kabupaten Kampar.

“Sebagai orang beriman, turunya wabah bukanlah secara kebetulan semata, namun banyak hikmah yang bisa kita petik dari peristiwa tersebut,” ungkap ketua DPRD Kampar Faisal mengawali pembukaan sidang paripurna.

Lanjut Faisal, kita perlu ada komitmen menjalankan intruksi Presiden Nomor 1 tahun 2021 dan diikuti peraturan Menteri dalam negeri Nomor 20 tahun 2020 dan peraturan Menteri keuangan nomor 6 tahun 2020 dan intruksi Menteri Dalam Negeri  nomor 1 tahun 2020 tentang pencegahan penyebaran dan penanganan Covid-19.

Oleh karena itu, mari bersama-sama mengingatkan dan mensosialisaaikan serta memberikan penyuluhan kepada orang-orang terdekat dan masyarakat sekitar, untuk selalu mematuhi protokol kesehatan dengan menerapak hidup bersih disiplin dan menerapakan langkah 3M (memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan di air yang mengalir).

“Semoga segala apa yang kita lakukan, dapat memanilisir resiko penyebaran Covid-19 hingga 85 persem,” sebutnya.

Menghadapi mencana alam ini, diperlukan kehadiran bersama baik eksekutif maupun legislatif, untuk menyelamatkan masyarakat dari ancaman kesehatan, ekonomi maupun kesejahteraan dengan melakukan upaya-upaya kebijakan sesuai program penanganan covid-19 dan segala dampaknya.

Foto bersama Wagubri, Ketua DPRD Kampar dan Bupati Kampar usai paripurna HUT ke 71 Tahun.

Ketua DPRD Kampar juga mengapresiasi keseluruh tenaga medis dan pihak terkait Kabupaten Kampar dengan sigap mengambil langkah untuk mencegah menangani ancaman virus corona ini.

Masyarakat Kabupaten Kampar merayakan hari jadi Kampar ke 71 tahun untuk mengenang jasa-jasa para pendiri negeri ini yang telah banyak bekorban jiwa dan raganya sehingga lahir suatu daerah yang disebut kabupaten kampar.

Juga menjadikan momentum dalam merepresikan perjalanan panjang suatu negeri yang penuh dinamika yang bermuara pada peradaban masyarakat kabupaten Kampar yang kita rasakan pada saat ini.

Sejarah 71 tahun para tokoh, pemimpin dan para pejuang Kabupayen Kampar yang telah berkarya silih berganti. Pemerintah sudah bekerja keras membangun negeri ini kearah yang lebih baik untuk mencapai kesejahteraan masyatakat.

Selanjutnya, para pemimpin dan pejuang terdahulu menjadi sumber inspirasi dan kekuatan bagi generasi penerus untuk mewujutkan cita-cita berdirinya Kabupaten Kampar, demi menentukan hari jadi kabupaten Kampar yang tepat bukanlah perkara mudah, banyak faktor yang harus diteliti dan banyal informasi yang hari ditelusuri dan begitu juga banyak pelaku sejarah yang perlu digali dikupas subtansi kebenaranya agar bisa disepakati tanggal yang dapat diterima semua pihak serta diakui sebagai peristiwa sejarah.

Guna untuk membuah hasil menggali sejarah, hampir seluruh tokoh dan sesepuh saat itu diminta pendapatnya yang diposisikan sebagai narasumber guna memberikan pertimbangan yang baik terhadap kesepakatan hari jadi  kabupaten kampar yang sekarang ini kita gunakan bersama.

Maka makna yang dapat dipetik adalah tinggi semangat juang yang dapat diteladani oleh generasi penerus bangsa yang telah dicontohkan oleh pendahulu kita dalam bentuk konstensi mereka untuk menghadapi segala resiko untuk mencapai tujuan daerah ini.

Moralitas seperti yang harus kita tanamkan kita pupuk dan kita pelihara, agar pengandian dedikasi yanh diberikan tetap utuh.

Muda-mudahan didalamnya dapat mengembalikan semangat kepemilikan hari jadi kabupaten Kampar, guna disiplin berbagai aktivitas yang megara pada peningkatan kualitas pengabdian kebebasan yang terintregrasi dengan perbuatan tindakan yang kuat antara pemerintah dan masyarakat.

Basamo membagun naghoi, menjadi tema peringatan hari jadi kabupaten kampar ke 71 tahun, ” Ini merupakan tekat kita bersama untuk mewujudkan kampar maju disegala bidang, kita menyadari di masa covid-19 telah memberi ujian pada pencapaian disegala lini, ujarnya.

Saat ini, kita dapat melihat berbagai dukungan yang perlu dibenahi demi terwujudnya kabupaten kampar yang sejahtera.

“Kita masih perlu meningkatkan pelayanan kesehatan yang merata bagi masyarakat kampar, kita perlu memperkuat sistem penanggulangan bencana terpadu dan terkoordinasi dan kita perlu menyempurnakan jaminan sosial,” beber Faisal.

Selama 71 tahun kabupaten kampar sudah banyak yang dicapaian yang telah diraih, kemajuan tersebut berada gerak peradapan zaman yang berkembang dan menghadirkan tantangan baru, oleh karena itu untuk mewujudkan kabupaten kampar yang maju, kita juga dituntut bergerak cepat seiring menggelindingnya perkembangan peradaban diberbagai bidang.

Suasana sidang Paripurna DPRD, Hari Jadi Kabupaten Kampar ke 71 Tahun.

Untuk mempercepat terwujudnya kabupaten kampar yang maju, kedepan hendaknya mencari celah bagaimana pemberataan infrasuktur, meningkatkan sumber daya manusia (SDM) dan mengoptimalsasikan repormasi demokrasi.

“Ini menjadi tujuan bersama sesuai yang dicita-citakan oleh leluhur negeri ini, dalam mewujudkan kampar yang maju,” harap Faisal.

Sementara itu Bupati Kampar H.Catur Sugeng Susanto SH, menyambut antusias, walaupun perayaan HUT kabupaten kampar tahun ini tidak semeriah dari tahun tahun sebelumnya, namun tetap berjalan dengan khidmat karena pada sidang paripurna kali ini hanya dihadiri oleh tokoh masyarakat tokoh adat dan anggota DPRD, sedangkan tamu yang lainnya mengikuti secara Virtual diakibatkan adanya Pandemi Covid 19 yang mengharuskan kita untuk tetap Menerapkan protokol kesehatan.

Diusia yang ke 71 ini Pemerintah Kabupaten Kampar memperingati hari jadi dengan mengusung Tema Basamo Mambolo Nagoghi.

Saat mebacakan pidatonya Bupati kampar mengatakan “Tepat pada hari ini Kabupaten Kampar genap berusia 71 Tahun, Dalam Memperingati hari jadi kabupaten Kampar yang kita lakukan setahun sekali ini, tentunya mempunyai Makna yang cukup besar, bahwa kita tidak ingin melupakan sejarah, sesuai dengan tema” Mari Basamo Mambolo Nagoghi” dan ini Sangat Relevan, Karena Kabupaten Kampar adalah sebuah daerah yang terus berbenah dan bergerak maju,” Ungkap Bupati

Lebih lanjut Bupati Catur mengatakan hari jadi Kabupaten Kampar semestinya bukanlah semata mata peristiwa mengenang dan bergembira semata namun lebih dari itu peristiwa ini hendaklah dijadikan sebagai momentum Strategis untuk melakukan kilas balik terhadap pembangunan yang telah dilakukan, “Kita akan terus bergerak memberikan kesejahteraan kepada seluruh masyarakat ” Tutup datuk rajo batuah.

Diakhir pidatonya bupati memaparkan makna dari tema HUT tahun ini bahwa Basamo Mambolo Nagoghi, merupakan kelanjutan dari tema Hari Jadi Kabupaten Kampar ke-70 Tahun lalu yakni Tali Bapilin Tigo Menuju Masyarakat Kampar Sejahtera,

“Dengan berkesinambungan tema tersebut dan kondisi geografis daerah kampar yang sangat luas, keberagaman masyarakatnya dan dengan adat istiadatnya, kedepan kita akan dihadapkan dengan tantangan pembangunan dan sosial kemasyarakatan yang tidak ringan, akan tetapi dengan terus berbenah dan saling berkontribusi tantangan tersebut dapat kita atasi dan kita lewati di bawah satu payung panji ”Dimana bumi dipijak disitu Langit di junjung”. Tutup Datuk Rajo batuah. (Adv)

Komentar

News Feed