oleh

Ribuan Hektar Perkebunan Kelapa Sawit Tanpa Legalitas, DPRD Inhu Janjikan Akan Panggil Koperasi Ronatama

INDRAGIRIHULU, MORALRIAU.COM -Terkait pembiaran aktivitas pengolahan lahan perkebunan kelapa sawit hingga ribuan hektar tanpa legalitas di Dusun Talang Tanjung Desa Siambul Kecamatan Batang Gansal, DPRD Indragiri Hulu (Inhu) berjanji akan segera memanggil pemilik investasi, dan managemen kebun tersebut.Wakil Ketua DPRD Kabupaten Indragiri Hulu H Suwardi Ritonga SE pada awak media Rabu (12/02/2020, Adapun diketahui melakukan praktek pengolahan lahan perkebunan di areal Hutan Produksi Terbatas ( HPT ) disana lanjut Suwardi, dari pihak Ronatama yang dikabarkan pemilik investasi salah satu bermarga Sinaga.

Hanya saja lanjut dia, apakah Ronatama berbentuk Perseroan Terbatas ( PT ) atau Koperasi dalam pengolahan itu atau bukan, inilah yang membingungkan di daerah, karena pihaknya dikabarkan tidak terdaftar administrasi usahanya secara ilegal di pemerintahan Kabupaten Indragiri Hulu.” ucap asal Partai Gerindra dengan nada kesal.

H Suwardi menambahkan, pihak Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Riau nanti akan diundang dalam sering pendapat (hearing.red) DPRD, termasuk pejabat terkait di pemerintahan Kabupaten Indragiri Hulu.

Artinya sebut asal dapil I ini, di hearing itulah akan diketahui dari pejabat terkait, apakah berbau pembiaran atau bukan. Atau memang dari penyelenggara aturan dinilai tidak bernyali karena banyak indikasi pertimbangan.

“Seharusnya daerah, juga memiliki hak untuk penegasan dengan perusahaan nakal yang tidak patuh dengan ketentuan.” pungkasnya.

Menyinggung soal aktivitas Ronatama, tidak menjawab Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehuatanan Provinsi Riau, Ervin ketika dihubungi melalui selulernya, baik SMS tidak bersedia menjawab.

Sebelumnya Kepala Balai Pengamanan dan Penegakan Hulum Wilayah II Sumatra, Edward S mengaku, bahwa Ronatama’ yang beraktivitas di Kabupaten Indragiri Hulu itu, telah ditangani penyidiknya DLHK Provinsi Riau.” singkatnya. TIM.MR.Inhu. (Rolijan)

Komentar

News Feed