oleh

PT. Inhutani Cari Lahan untuk Kembangkan Kayu Putih

SIAK HULU, MORALRIAU.COM – Pengembangan Minyak Kayu Putih saat ini tidak begitu dikenal masyarakat luas, penanamannya masih terbatas di Provinsi Riau. Peluang bisnis ini cukup menjanjikan bagi petani, akan tetapi penanamanya masih langka.

“Kita saat ini sedang melakukan pembibitan kayu putih untuk di tanam di lahan yang luasnya ribuan ha,“ Ujar Kepala Perwakilan PT Inhutani wilayah Riau-Sumbar  Ir Okta Budi melalui kasi Umum dan SDM Hasan kepada Moralriau.com diruang kerjanya, Kamis (24/10).

Menurutnya, pemasaran kayu putih kalau sudah panen, tidak terlalu sulit. PT Inhutani akan membantu mulai dari penanaman sampai pemasaran.

Ia menjelaskan Pohon kayu putih diambil daunnya dan disuling untuk dijadikan minyak kayu putih. Harganya juga cukup tinggi, Oleh sebab itu, bila dibuka dalam area ribuan ha tentunya akan ada pengusaha nantinya yang akan membuka pabrik untuk pengolahan hasil produksi tersebut.

Ia menyatakan PT. Inhutani juga saat ini sedang mengembangkan pembibitan tanaman pohon durian, pohon jengkol dan tanaman buah lainnya, bila masyarakat berkenan dapat membelinya di pembibitan PT  Inhutani desa Pandau  Jaya Kecamatan Siak Hulu kabupaten  Kampar.

PT Inhutani saat ini, sedang menanam pohon pinus di lahan yang gundul sebagai rehabilitasi yang dilaksanakan CSR PLN salah satu BUMN.

Penanaman pohon pinus tersebut ,proyek PLN yang dikerjakan oleh PT  Inhutani karena masalah tanaman penghijauan PT Inhutani memang bidangnya. (MR.02/P.RAS).

Komentar

News Feed