oleh

Polres lnhu Tangkap Pelaku  Pembawa Kayu Ilegal Logging

INDRAGIRI HULU, MORALRIAU.COM-Kepolisian Resort (Polres) Indragiri Hulu (lnhu) berhasil mengamankan 3 (Tiga) orang tersangka pembawa kayu hasil hutan diduga tidak memiki surat izin Resmi dari dinas terkait atau disebut Logging (lllog) pada Sabtu (19/1/2019) kemarin.Tersangka/pelaku adalah Bernama Inisial  AS (41) yang berperan selaku supir Mobil Coldisel untuk mengangkut kayu olahan hasil hutan yang diduga  kuat tidak memiliki izin sekaligus sebagai pembeli kayu olahan dari Tsk (AG).

SeIanjutnya adalah AG (33) tahun berperan selaku Pemilik Kayu olahan dan RA (21) yang berperan selaku pemuat kayu olahan ke dalam bak mobil.

Kapolres lnhu AKBP Dasmin Ginting S.lk melalui PS Paur Humas Polres lndragiri Hulu Aipda Misran Senin (21/1/2019) membenarkan adanya penangkapan pengakut kayu hasil hutan yang tidak memiliki Izin dari dinas yang berwenang  tersebut.

“Ketiganya ditangkap pada  Sabtu (19/1/2019) sekira pukul 20.30 Wib di jalan Lintas Selatan Desa Batu Papan, Kecamatan Batang Cenaku, Kabupaten Indragiri Hulu,” katanya.

Adapun BB yang diamankan adalah 1 (satu) unit Mobil Truck Cold Diesel merk Toyota Dyna BE 9850 GM warna merah hitam, Kayu olahan dalam bentuk jenis papan dan broti sebanyak kurang lebih 6 M3.

Dijelaskannya, pada Sabtu (19/1/2019) unit IV Tipiter Polres Inhu melakukan operasi rutin kepolisian di wilayah hukum Polres Indragiri Hulu.

“Kemudian sekira pukul 20.30 wib saat TIM melintas dijalan Lintas Selatan dan melihat 1 (satu) unit mobil truck cold diesel nopol BE 9850 GM melintas,” sambungnya.

Karena merasa curiga TIM memberhentikan mobil tersebut kemudian TIM menjumpai 3 (tiga) orang laki-laki yang berada dalam mobil tersebut.

“Selanjutnya TIM melakukan pengecekan terhadap barang bawaan dalam mobil tersebut dan menjumpai kayu olahan dalam bentuk papan dan broti,” ujarnya.

TIM kemudian menanyakan perihal dokumen yang dimiliki tetapi pelaku tidak dapat memperlihatkan dokumen sehubungan dengan kayu olahan tersebut kemudian pelaku dan barang bukti dibawa ke kantor Polres Inhu untuk pengusutan lebih lanjut.

“Kepada ketiga tersangka tersebut dikenakan Pasal 83 ayat (1) huruf b  jo pasal 12 huruf e Jo pasal 87 (1) huruf c Jo pasal 12 huruf m Jo pasal 88 ayat (1) Jo 16 Undang-undang  RI No 18 tahun 2013 Tentang Pencegahan dan pemberantasan perusakan hutan,” ujar nya.,*(Rolijan)

Komentar

News Feed