oleh

Persiapan Pemilu dan Pilkada Serentak 2024 Harus Lebih Awal

PEKANBARU, MORALRIAU.COM – Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Bahtiar mengatakan untuk persiapan Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak yang dilaksanakan pada tahun 2024 sudah bisa dilaksanakan lebih awal.

“Dari paparan Sekjen Bawaslu minggu lalu sangat baik untuk kita lakukan yang katanya persiapan itu bukan dilakukan tahun depan tetapi mulai hari ini persiapannya,” katanya saat memimpin rapat koordinasi persiapan pemerintah daerah dalam mendukung pelaksanaan Pemilu dan Pilkada serentak tahun 2024 secara virtual. Senin (22/3/2021).

Dijelaskannya bahwa perinsip untuk menuju sukses pelaksanaan Pemilu dan Pilkada Serentak 2024 itu harus dimulai tahun 2021, tahun 2022 sudah memasuki tahapan sampai selesainya Pemilu dan Pilkada Serentak 2024.

“Jadi harus dipersiapkan mulai dari 2021 sampai 2025, untuk penyelenggaraannya karena ini bersipat mandiri, jadi pemerintah dan juga masyarakat harus dipersiapkan supaya Pemilu dan Pilkada serentak 2024 mendatang berjalan dengan lancar,” terangnya.

Adanya tahapan yang harus dipersiapkan pada tahun 2025 karena dikhawatirkannya ada kemungkinan terjadi masalah atau sengketa Pemilu atau Pilkada serentak 2024.

“Karena tahun 2025 juga harus ada tahapan yang masih berlangsung, misalnya pada bulan sebelas Pilkadanya, jika ada sengketa berati lanjut lagi 2025 dan itu ada yang disiapkan pemerintah pusat dan ada juga dipersiapkan pemerintah daerah,” pungkasnya.

Ia menginformasikan bahwa besok akan dilakukan rapat lanjutan kembali di seluruh Kementerian dan Lembaga diantaranya TNI, Polri, Aparat Intelejen, Komisi informasi dan seluruh kementerian agar pelaksanaan Pemilu dan Pilkada serentak 2024 dapat berjalan secara maksimal sehingga prosedural Pemilu dan Pilkada bisa berjalan baik dan berkualitas. (Mcr)

Komentar

News Feed