oleh

Percepatan Pembangunan Kawasan Perbatasan Kampar dan Pekanbaru Jajaki Kerjasama

PEKANBARU, MORALRIAU.COM – Pemerintah Kabupaten Kampar dan Pemerintah Kota Pekanbaru jajaki kerjasama percepatan pembangunan kawasan perbatasan antara Kabupaten Kampar dan Kota Pekanbaru.

Untuk penjajakan ini maka dilakukan pertemuan antara Pemkab Kampar dan Pemko Pekanbaru di Pekanbaru, Selasa (13/10/20). Pertemuan ini atas inisiatif Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Kampar Ir. H. Azwan, M.Si dan sesuai juga dengan arahan Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto, SH.

Hadir dalam pertemuan tersebut Kepala Bappeda Kota Pekanbaru Ahmad, ST, MT, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Kampar Afdal, ST, MT, Kepala Dinas PUPR Kota Pekanbaru Indra Pomi Nasution, ST, MT, Kabid Jalan dan Jembatan Dinas PUPR Kampar Hanif, ST, MT, Kasubbid Infrastruktur dan Pertanahan Bappeda Kabupaten Kampar Zaki Helmi, ST, MT Kasubbid Kewilayahan Bappeda Kabupaten Risa Anjasari, ST, MT, dan pejabat lainnya.

Dalam pertemuan tersebut kedua belah pihak sama-sama sepakat akan membangun kawasan perbatasan. Pembangunan itu meliputi pembangunan jalan, drainase, pengelolaan persampahan, gapura dan sebagainya. Diharapkan pembangunan ini nantinya adalah pembangunan yang terintegrasi.

Sebagai tindak lanjut dari pertemuan tersebut kedua belah pihak merencanakan akan melakukan joint survey ke lapangan pada pekan depan.

Selanjutnya akan dilakukan pemetaan dan pengumpulan data serta review jaringan jalan di kedua wilayah. Disamping itu juga direncanakan untuk melaksanakan rapat koordinasi teknis (rakortek) kedua belah pihak.

Sementara itu Kepala Bappeda Kabupaten Kampar Azwan kepada wartawan usai pertemuan mengungkapkan bahwa dalam rencana kerjasama ini, kedua belah pihak akan mempersiapkan data dan pemetaan karena bagaimana kunci dari perencanaan pembangunan itu adalah data.

“Salah satu cara menghimpun data itu adalah dengan joint survey oleh OPD terkait dari Kampar dan Pekanbaru sehingga diharapkan hasilnya maksimal,” ujarnya.

Kemudian rencana kerjasama ini juga akan melibatkan anggota DPRD baik DPRD Kabupaten/Kota mupun DPRD Provinsi Riau serta Pemerintah Provinsi Riau. “Kita juga mengharapkan dukungan anggota DPRD,” ujarnya.

Ditambahkan Azwan bahwa Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto sangat komit dengan percepatan pembangunan di Kabupaten Kampar termasuk pembangunan di kawasan perbatasan ini. “Apa yang kita lakukan sekarang juga sesuai dengan arahan Bupati Kampar,” jelas Azwan. (Dis/af)

Komentar

News Feed