oleh

Pengurus UED SP Desa Tani Makmur Rengat Barat Diperiksa Inspektorat Inhu

INDRAGIRI HULU, MORALRIAU.COM – Kepala Dinas Inspektorat Kabupaten indragiri Hulu (Inhu), Boyke Sitinjak mengaku telah melaksanakan untuk menindaklanjuti pengaduan masyarakat Desa Tani Makmur, Kecamatan Barat Inhu.

Inspektorat juga sudah melakukan menurunkan tim untuk memeriksa pengurus Usaha Ekonomi Desa Simpan Pinjam (UED-SP) Desa Tani Makmur di Kecamatan Rengat Barat, pada hari Selasa kemarin.

Hal ini dihimpun moralriau.com Boyke mengatakan kepada Awak media, (8/8/2019) di pemeriksaan untuk menelusuri apakah ada atau tidak dugaan penyimpangan dalam pengelolaan dana UED-SP di Desa Tani Makmur. Sebab, ada aduan masyarakat yang menyebut hal itu.

Sebelumnya, Pemprov Riau tahun 2011 mengucurkan dana sekitar Rp500 juta untuk mendukung UED-SP yang harusnya disalurkan kepada masyarakat miskin untuk membuka usaha dalam rangka meningkatkan ekonomi masyarakat.

“Saat ini, kita sedang meneliti pertanggung jawaban pengurusnya soal dana UED-SP Desa Tani Makmur. Apakah menggunakan sistim bergulir, pengendapan atau terjadi indikasi penyelagunaan dana. Kita belum bisa memastikan ada penyimpangan, karena masih dalam proses,” pungkasnya.

Sambung lagi Boyke mengatakan, jika ada ditemukan indikasi penyimpangan dana, dirinya berjanji akan melakukan audit investigasi dan penyelesaiannya berdasarkan Undang-undang Nomor 30 tahun 2014.

Selanjutnya, bila ada temuan penyimpangan, pengurus UED-SP Desa Tani Makmur wajib mengembalikan ke Kas UED-SP dan sanksinya akan diberikan sesuai ketentuan yang UUD yang berlaku,” Tutupnya. (Rolijan)

Komentar

News Feed