oleh

Pemprov Riau Tetapkan Sultan Abdul Jalil Alamuddin Syah Sebagai Nama Jembatan Siak IV

-ADVERTORIAL-719 views

PEKANBARU, MORALRIAU.COM – Teka-teki pemberian nama jembatan Siak IV akhirnya terjawab sudah. Sejumlah tokoh masyarakat dan Lembaga Adat Melayu (LAM) Kota Pekanbaru dan Riau bermufakat memilih Sultan Abdul Jalil Alamuddin Syah sebagai nama jembatan tersebut.

Hal ini diungkapkan Gubernur Riau, Wan Thamrin Hasyim kepada wartawan, Selasa (29/1/2019).

Ya, Sultan Abdul Jalil Alamuddin Syah atau yang dikenal dengan nama Marhum Bukit adalah ayahanda Sultan Siak Kelima, Marhum Pekan atau Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzam Syah yang merupakan pendiri Kota Pekanbaru.

Nama Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzam Syah sendiri sudah disematkan sebagai nama Jembatan Siak III Pekanbaru.

“Jembatan Siak IV kita beri nama Marhum Bukit atau Sultan Abdul Jalil Alamuddin Syah,” kata Wan Thamrin Hasyim.

Dia mengatakan, sebetulnya dirinya akan memberi nama jembatan yang dibangun menggunakan APBD Riau sebesar Rp440 miliar itu dengan sebutan Marhum Pekan atau Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzam Syah.

“Sebetulnya saya membuat Marhum Pekan, tapi nama itu sudah dibuat untuk jembatan Siak III oleh LAM Kota Pekanbaru,” ujar mantan Bupati Rokan Hilir ini.

Wan Thamrin mengatakan, nama tersebut berdasarkan hasil musyawarah atau kesepakatan dengan para tokoh masyarakat Riau, LAM Kota Pekanbaru dan LAM Riau beberapa waktu lalu.

Tak hanya itu, sebut Wan Thamrin, tokoh masyarakat akan membicarakan nama-nama gedung di Provinsi Riau bersama LAM Riau, seperti Stadion Utama Riau yang saat ini belum memiliki nama.

“Jadi rencana mereka ini jangan sepotong-potong, mereka akan menginventarisir gedung-gedung negeri yang belum ada nama. Nanti akan dibicarakan di LAM apa yang terbaiknya,” harapnya.

Ditanya soal nama dua flyover di Pekanbaru, Wan Thamrin menyatakan untuk flyover simpang SKA dan pasar pagi Arengka tidak diberi nama.

“Jadinya tidak ada nama, karena flyover di simpang Tuanku Tambusai dan Harapan Raya tidak ada namanya,” cetusnya.

Disinggung peresmian jembatan Siak IV, Wan Thamrin menyatakan kalau tidak halangan diresmikan pada 14 Februari setelah uji beban yang diperkirakan tanggal 9 atau 10 Februari 2019. (Adv)

Komentar

News Feed