oleh

Kemenag Tetap Jalankan Proses Persiapan Ibadah Haji 1441H

PEKANBARU, MORALRIAU.COM – Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Riau hingga saat ini terus mempersiapkan segala bentuk proses penyelenggaraan ibadah haji tahun 1441H/2020M. Walau belum tahu kapan lockdown negara Arab Saudi dibuka terkait mencegah wabah virus corona atau Covid-19 yang mewabah saat ini.

Kepastian ini disampaikan oleh Kepala Bidang (Kabid) Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Darwison, Minggu (22/03/2020) via selulernya.

“Yah terus jalan, sesuai apa yang digariskan pusat pada kita. Walau belum jelas kapan lockdown negara Arab Saudi akan dibuka terkait covid 19,. Yang jelas persiapan tetap terus jalan,” sebutnya.

Disampaikan juga, salah satu proses persiapan yang saat ini jalan sesuai tahapan yang ada yaitu Pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji. Pelunasan tahap pertama dibuka dari 19 Maret – 17 April 2020. Sedangkan untuk tahap kedua, dibuka dari 30 April hingga 15 Mei 2020.

“Hanya saja penyediaan layanan di Arab Saudi terutama terkait masalah pembayaran uang muka kontrak layanan memang masih ditunda. Hingga kondisi covid 19 sudah membaik atau sudah dibukanya lockdown di Arab Saudi,” tambah Darwison.

Diakui juga, untuk penyelenggaraan manasik haji saat ini memang dihentikan sementara waktu. Karena meminimalisir kegiatan yang mengumpulkan banyak orang. Sesuai bagian dari upaya pemerintah dalam mencegah penyebaran Covid-19 sehingga kesehatan jemaah bisa tetap terjaga.

Sesuai Rencana Perjalanan Haji (RPH) yang telah disusun Kemenag, jamaah Indonesia akan mulai masuk asrama haji pada 25 Juni 2020 dan berangkat ke Tanah Suci pada 26 Juni 2020. (mcr)

Komentar

News Feed