oleh

DPR Tak Setuju ASN Dapat Jatah Libur 3 Hari

JAKARTA, MORALRIAU.COM – Beredar wacana Aparatur Sipil Negara (ASN) akan mendapatkan penambahan libur di hari Jumat. Padahal, sejatinya ASN sudah libur di Sabtu dan Minggu.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Komisi II DPR, Ahmad Doli Kurnia menyebut aneh dengan isu yang saat ini sedang berkembang. Sehingga, apabila isu itu nantinya menjadi kenyataan, maka perlu ditinjau ulang. “Saya kira itu perlu dikaji lagi (ASN libur di hari Jumat),” ujar Doli dalam diskusi di kawasan Menteng, Jakarta, Sabtu (7/12).

Menurut Doli, sudah tepat mekanisme saat ini. Yaitu ASN bekerja selama lima hari dan dua hari mendapatkan jatah libur. Sehingga tidak perlu ditambah lagi jatah libur ASN ini. “Kan tidak jadi suatu masalah besar. Jadi kenapa harus dibuat menjadi empat hari ASN bekerja,” tegasnya.

Politikus Partai Golkar ini berujar, lima hari kerja saja ASN kerap dicap buruk produktifitasnya. Apalagi kalau hanya bekerja empat hari dengan jatah libur tiga hari. Sehingga Doli mengatakan tidak sepakat adanya usulan tersebut. “Saya kira perlu dikaji lagi, apa alasannya ASN bekerja menjadi empat hari,” ungkapnya.

Sekadar informasi, Komisioner KASN, Rudiarto Sumarwono membantah mengusulkan penambahan libur pada hari Jumat bagi ASN. Rudianto menyebut wacana ini bermula dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) yang ingin melakukan uji coba terhadap PP Nomor 30 Tahun 2019 tentang Penilaian Kerja Pegawai Negeri Sipil.

Rudi menjelaskan, KASN hanya mengusulkan tiga cara bekerja ASN. Usulan tersebut muncul setelah belajar kepada Australia, tentang Flexible Work Arrangements (FWA). Dimana PNS dalam program kerjanya tidak hanya kerja di kantor, tapi juga bisa bekerja di rumah. Kedua, dilakukan pada jam-jam berapa saja tidak hanya pukul 08.00-16.00.

Terakhir, flexible job, yaitu pekerjaan dilakukan tidak hanya satu orang pegawai. Dia menambahkan, apabila aturan penambahan libur hari Jumat akan diterapkan di Indonesia, maka harus dilakukan evaluasi menyeluruh terlebih dahulu.

 

 

Sumber jawapos

Komentar

News Feed