oleh

DPR Putuskan Tiadakan Kunjungan ke Kediaman Kapolri

MORALRIAU.COM – Ketua Komisi III DPR Herman Hery mengatakan pihaknya meniadakan tradisi kunjungan ke kediaman calon Kapolri tunggal yakni Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo. Hal itu biasanya dilakukan oleh para legislator sebelum menggelar uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test.

“Rutinitas kunjungan ke kediaman kami sudah putusakan dalam rapat untuk kali ini kami tidak melakukan kunjungan kepada kediaman,” ujar Herman saat dihubungi, Rabu (13/1).

Herman juga mengatakan, alasan meniadakan kunjungan ke kediaman calon Kapolri tersebut lantaran saat ini Indonesia sedang menghadapi pandemi Covid-19 di tanah air.

“Situasinya pandemi Covid-19, tidak etis datang bergerombol datang ke kediaman orang,” katanya.

Diketahui Komisi III DPR memiliki tradisi yakni rangkaian fit and proper test calon Kapolri adalah mengunjungi kediaman calon pucuk tertinggi di Korps Bhayangkara tersebut.

Sebelumnya, Ketua DPR RI Puan Maharani menyatakan, Kabareskrim Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo menjadi calon tunggal yang diusulkan Presiden Jokowi kepada parlemen ini.

“Bahwa surpres telah kami terima dari Bapak Presiden yang mana Bapak Presiden menyampaikan usulanbpejabat Kapolri yang akan datang dengan nama tunggal yaitu bapak Listyo Sigit Prabowo yang saat ini menjabat Kabareskrim di Polri,” kata Puan.

Nantinya, DPR akan segera memproses dan menggelar uji kelayakan dan kepatutan calon Kapolr tersebut.

“Setelah hari ini terhitung 20 hari kedepan, kami DPR akan memproses pelaksanaan mekanisme DPR dalam mengusulkan dan memberikan persetujuan atas calon tunggal Kapolri yang akan datang yaitu Listyo Sigit Prabowo,” ungkapnya. (jawapos)

Komentar

News Feed