oleh

Desa Kualu Nenas Atasi Karlahut dengan Cepat

TAMBANG, MORALRIAU.COM – Desa Kualu Nenas kecamatan Tambang kabupaten Kampar, saat ini ada 3 titik lokasi yang masuk kategori kebakaran lahan dan hutan (Karlahut), karena ada kebakaran yang terjadi di 3 dusun yaitu  dusun  1, dusun  2 dan dusun  3 dan untuk dusun 1 dan dusun 2 sudah dapat diatasi sedang dusun 3 masih dalam tahap pemadaman secara menyeluruh.

“Kita memang ada 3 lokasi titik api yang terbakar di 3 dusun “ Ujar Kades Kualu Nenas Riduan S Sos kepada Moralriau.com diruang kerjanya, Kamis ( 12/9).

Ia menambahkan Karlahut yang terjadi setelah di chek oleh tim dari desa belum diketahui, apakah sengaja dibakar warga atau karena ada yang membuang puntung rokok karena saat ini kemarau panjang , yang membuat lahan dan hutan menjadi kering dan mudah terbakar.

Ia sudah memerintahkan agar Kepala Dusun,RW, RT untuk tetap siaga dan tanggap dengan cepat bila meihat ada api di wilayah desa Kualu Nenas agar jangan cepat membesar dan menghanguskan lahan dan kebun warga desa.

Ia mengharapkan kepada warga desa Kualu Nenas agar jangan keluar rumah, bila tidak terlalu penting dan jangan membakar lahan dan hutan karena akan berakibat kabut asap semakin parah saat ini.

Ia juga menghimbau agar setiap keluar dari rumah agar memakai masker sebagai pengaman dari adanya kabut asap, yang membahayakan warga desa saat keluar dari rumah untuk bekerja atau untuk kepentimgan lainnya.

“Memakai masker bila mau keluar rumah dan jangan membakar lahan dan hutan serta jangan keluar rumah bila tidak terlalu penting “ tambahnya mengakhiri. ( WQs/MR.02/P.RAS).

Komentar

News Feed