oleh

Dari 9 Daerah yang Gelar Pilkada di Riau 2 Daerah Ini Dinilai akan Berlangsung Seru

PEKANBARU, MORALRIAU.COM – Pengamat Politik dari Universitas Riau, Tito Handoko menilai dari 9 daerah di Riau yang akan menggelar Pilkada tahun ini, ada dua daerah yang paling menarik dan diprediksi akan menjadi yang paling seru, yakni Pilkada Bengkalis dan Pilkada Kuansing.

Adapun kalkulasinya adalah, pada Pilkada Kuansing dipastikan seru karena pecahnya kongsi antara bupati petahana dan wakilnya yang sama – sama akan kembali maju pada Pilkada.

Sedangkan Pilkada Bengkalis diprediksi seru karena mengingat kekosongan bupati petahana sebelum Pilkada berlangsung, yang nantinya akan berpengaruh banyak di Pilkada.

“Pilkada Kuansing itu diprediksi seru dan menarik karena penantang diuntungkan oleh petarungan antar petahana. Dalam pertarungan semacam ini, publik cenderung akan melirik sosok alternatif. Peluang kalah petahana kian besar, jika publik menilai kinerjanya bobrok. Namun kembali dengan bagaimana citra kampanye nantinya,” imbuhnya, seperti dimuat cakaplah.

Tito menjelaskan, meski petarungan antar petahana lumrah terjadi dalam setiap pilkada. Pertarungan antar petahana pada pemilu di masa pandemi covid-19, sangat mempengaruhi kalkulasi politik peserta pilkada.

“Karena petahananya saling bertarung, calon alternatifnya mungkin bakal semakin banyak. Kalau tidak saling bertarung, pasangan petahana sangat mungkin memanfaatkan keunggulan deposit elektoral untuk menghadapi pilkada. Skenario ini tentu mempengaruhi kalkulasi politik para penantang,” kata Tito.

Sementara itu, Pilkada Kabupaten Bengkalis menjadi menarik pula, kata Tito dikarenakan kekosongan sosok petahana dalam pertarungan bahkan sebelum Pilkada dimulai.

“Sosok petahana itu kan sangat diperhitungkan dalam setiap Pilkada. Terlebih Pilkada di tengah pandemi covid-19, dimana peluang menang petahana itu sangat tinggi, lantaran terbatasnya ruang gerak para penantang untuk melakukan sosialisasi. Sosok semacam Ini tidak ada di Bengkalis, sehingga ada peluang besar bagi penantang, dan peluang itu sudah ada saat ini bagi penantang, karena petahananya sudah tak menjabat lagi karena kasus hukum,” kata Tito.

Lebih lanjut, Tito menjelaskan bahwa bukan berarti selain Pilkada Bengkalis dan Kuansing tidak menarik, karena pada prinsipnya setiap Pilkada langsung pasti menarik karena bertarung mendapatkan suara masyarakat.

“Namun memang jika dianalisa, yang paling menarik dan penuh dengan dinamikan nantinya pada dua Pilkada yakni Bengkalis dan Kuansing,” tukas Tito.

Selain Bengkalis dan Kuansing daerah lain di Riau yang menggelar Pilkada adalah Siak, Pelalawan, Dumai, Kepulauan Meranti, Inhu, Rohil dan Rohul. (*)

Komentar

News Feed