oleh

Bupati Meranti HM Adil Diberi Gelar Datuk Tuah Amanah Jasa Negri Oleh Sultan Siak Indrapura

MERANTI, MORALRIAU.COM – Bupati H Muhammad Adil SH dan Wakil Bupati H Asmar Laksanakan silahturahmi selaku Pemerintah Daerah dengan Sultan XIII Siak Indrapura (Sultan As Syaidis Syarif Nasir Abdul Jalil Syaifudin) di Halaman Kantor Bupati, belum lama ini.

Acara dimulai dengan melaksanakan tepung tawar yang disandingkan antara Bupati dan Wakil sebagai budaya adat Melayu. Dan dilanjutkan dengan tarian Zapin Melayu beserta Do’a bersama.

Kemudian sambutan Bupati Meranti H Muhammad Adil SH MM, Pada kesempatan ini pertama atas nama pribadi dan kepala pemerintahan Kabupaten Kepulauan Meranti, selamat datang dan terima kasih yang tak terhingga telah berkenan yang maha mulia Sultan As Syaidis Syarif Nasir Abdul Jalil beserta rombongan yang sudi berkunjung ke daerah Kabupaten Kepulauan Meranti.

“Terima kasih atas kunjungan Sri Baginda duli yang maha mulia Sultan ke XIII Siak Sri Indrapura Sultan As Syaidis Syarif Nasir Abdul Jalil dan Permaisuri beserta empat perangkat kesultanan Siak Sri Indrapura yang terhormat semoga kedatangan beliau membawa keberkahan bagi kita semua di Kabupaten Kepulauan Meranti,” kata Adil.

Sambung Adil, pemerintah terus berupaya semaksimal mungkin melakukan tugas dan tanggung jawab dalam hal memajukan kebudayaan pemerintah pusat maupun pemerintah daerah melalui undang-undang Republik Indonesia Nomor 5 tahun 2017 tentang kemajuan kebudayaan kewajiban demi kesejahteraan rakyat.

“Hari ini kita tinggal di tanah melayu kemajuan utama kebudayaan adalah harmonisasi sosial dan budaya lainnya, kerjasama yang baik dengan komponen tentang pedoman kebudayaan terutama kami berharap upaya memajukan kebudayaan adat istiadat yang sekarang sesuai dengan penyelenggaraan muatan Melayu Riau”, ungkapnya H Muhammad Adil SH MM.

Kemudian sambutan dari Sultan ke XIII Siak Sri Indrapura Sultan As Syaidis Syarif Nasir Abdul Jalil, terima kasih kepada Bupati Kepulauan Meranti yang telah sudi menyambut beta dan datuk-datuk beta beserta keluarga beta di Kepulauan Meranti ini. Terima kasih kepada seluruh elemen dari bawah sampai atas merinding pada hari ini mengharapkan supaya menjadi titik mula untuk menaikkan kembali martabat dan Marwah melayu-riau ini.

“Dengan undangan dari bapak bupati ini akan dapat membangkitkan budaya Melayu Riau dan mereka juga mengharapkan supaya beserta semua suku yang ada di bumi Lancang Kuning ini supaya dapat bersatu padu dalam membangun bumi Riau ini untuk menjadi bumi yang maju”, ungkapnya Sultan ke XIII Siak Sri Indrapura Sultan As Syaidis Syarif Nasir Abdul Jalil.

“Dapat kita sampaikan supaya menjadi amanat kita bersama mula menghitung dari 1 menghitung hingga angka 6 jika dilipat sekecil kuku jika di bentang seluas alam”, imbuhnya Sultan ke XIII Siak Sri Indrapura Sultan As Syaidis Syarif Nasir Abdul Jalil.

Kemudian acara diakhiri dengan pemberian cendra mata oleh salah satu rombongan sultan sebuah pelakat seperti buku dan pemberian gelar kepada Bupati Meranti H Muhammad Adil SH MM (Datuk Tuah Amanah Jasa Negri) oleh Sultan XIII Siak Indrapura Sultan As Syaidis Syarif Nasir Abdul Jalil. * (Mihrab.P)

Komentar

News Feed