Pekanbaru Raih Reward Pencapaian Gerakan Menuju Smart City

PEKANBARU, MORALRIAU.COM- Kota Pekanbaru mendapat Reward (penghargaan) dari Kementerian Kominfo, dan 7 Kementerian lainnya yaitu, Kemendagri, Bappenas, Kantor Staf Presiden, Kemenko Perekonomian,  Kemenkeu, Kemenpan RB, Kementrian PUPR sebagai salah satu Smart City di Indonesia beserta 49 kota lainnya.Penghargaan ini diserahkan kepada Wali Kota Pekanbaru Dr H Firdaus ST MT melalui Sekretaris Kota Pekanbaru H Drs HM Noer MBS SH MSi MH, yang diserahkan di ICE ( Internasional Convention & Exebition) BSD Tangerang Selatan, Jumat (14/12).

Dengan terpilihnya Pekanbaru sebagai salah satu Kota yang mengikuti Gerakan Menuju 100 Smart City, Pemerintah melalui Kementerian Keuangan akan memberikan insentif pelayanan untuk menstimulasi daerah agar mempercepat implementasi smart city  dan selalu berinovasi dalam meningkatkan kualitas pelayanan.

Acara penerimaan penghargaan ini dibuka langsung oleh Kemenkominfo, dan penghargaan diberikan oleh Bapak Yanuar, selaku Kepala Deputi kantor staf kepresidenan.

Dalam kesempatan ini, Bu Airin sebagai Wali Kota Tangsel dan ketua Apeksi, menyampaikan bahwa Apeksi sepakat melalui gerakan smart city kota kota tidak lagi berkompetisi untuk menjadi lebih baik, tapi lebih bersinergi dan berkolaborasi untuk maju bersama.

Sementara itu, Menteri Kominfo RI, Rudi Antara dalam sambutannya menyampaikan bahwa kota harus berinovasi dalam memberikan solusi permasalahan dan inovasi layanan kepada masyarakat.

“Inovasi bukan lagi menjadi pilihan tapi hari ini inovasi sudah menjadi keharusan,” ungkapnya.

Sebelumnya Rabu (12/12) di Nusantara Hall 1 – ICE BSD, wali kota Pekanbaru melalui kadis Kominfo Firmansyah Eka Putra memaparkan konsep dan  master  plan smart city beserta 3 program unggulan (quick win) dihadapan tim penilai dan tenaga ahli dari 5 kementerian.

Adapun 3 quick win tersebut adalah Program PMB RW, Masjid Paripurna dan Kartu Smart Madani. Berdasarkan hasil evaluasi tersebut kota Pekanbaru dinyatakan lulus. (*)

Komentar