Petani Hidroponik Riau Berhasil Kantongi Sertifikat Izin Edar

PEKANBARU, MORALRIAU.COM – Sebanyak 8 petani hidroponik asal Kota Pekanbaru menerima sertifikat registrasi Pangan Segar Asal Tumbuhan Produksi Dalam Negeri Usaha Kecil (PSAT-PDUK). Sertifikat tersebut diserahkan oleh Penjabat (Pj) Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Provinsi Riau, Zuliana Rahman Hadi.

Beberapa petani hidroponik penerima sertifikat di antaranya, Joy Garden Hidroponik, GBW Kampoeng Hidroponik, Ladang Hidroponik. Lalu, ada pula Lokal Garden, Barokah Hidroponik, Kandis Green Farm, Mom’s Dream Hidroponik Farm, dan Nusa Krisna Jamur.

Dikatakan Zuliana, bahwa untuk memberikan jenama produk pangan segar, sertifikat registrasi PSAT-PDUK, diharapkan mampu memberikan jaminan mutu dan keamanan pangan terhadap konsumen.

“Kita berharap hal ini, dapat meningkatkan nilai tambah dan daya saing produk Bapak/Ibu sekalian. Sehingga, pemasaran yang juga dapat diperluas,” katanya di Kios Pangan Puan Berseri Pekanbaru. Selasa, (8/10/2024).

Sementara itu, seorang petani dari Mom’s Dream Hidroponik Farm, bernama Remiya mengungkapkan rasa bangga, ia mengaku lega saat menerima sertifikat registrasi PSAT-PDUK.

“Sebelumnya kami sudah mengurus izin edar, Alhamdulillah hari ini izin edarnya telah diserahterimakan,” kata Remiya.

Remiya mengungkapkan beberapa varietas sayuran hidroponik yang dipasarkannya, di antaranya meliputi sayur sawi, pakcoy, selada, kailan, kale, basil, dan pappermint.

“Alhamdulillah saat ini sudah kita pasarkan ke beberapa Supermarket yang ada di Kota Pekanbaru. Seperti di Hypermart, Pasar Buah Sudirman, Pasar Buah 88, dan Farmers,” katanya.

Remiya berharap dengan adanya sertifikat registrasi PSAT-PDUK yang disandang oleh merek dagangnya tersebut, akan semakin meningkatkan kepercayaan masyarakat untuk membeli berbagai sayuran yang dibudidayakannya.

“Karena kitakan menjual produk kepada masyarakat. Harapannya dengan adanya izin edar ini sudah dapat memenuhi standar yang telah ditetapkan oleh Dinas Ketahanan Pangan,” tutupnya.

?Tampak pula hadir pada acara penyerahan sertifikat tersebut, Plh Kepala Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Riau, Wiwik Suryani beserta jajaran. (*)

Komentar