oleh

60 Persen Wilayah Pekanbaru Lahan Gambut, BPBD Targetkan Zero Fire

PEKANBARU, MORALRIAU.COM – Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, mengantisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla). Sejumlah wilayah di Kota Pekanbaru masih kondisi lahan gambut.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekanbaru, Zarman Candra menyebut, luas wilayah Kota Pekanbaru mencapai 632,62 Kilometer persegi. Dimana hampir 60 persen wilayahnya merupakan lahan gambut.

“Sehingga berpotensi kebakaran hutan dan lahan. Ada sejumlah kecamatan yang terdapat memiliki lahan gambut,” ujar Zarman, Selasa (16/2).

Menurutnya, ada beberapa kecamatan yang memiliki lahan gambut dan rawan terjadi Karhutla. Seperti Kecamatan Rumbai, Payung Sekaki, Rumbai Pesisir, dan Kecamatan Marpoyan Damai.

Beberapa kecamatan ini pun rawan terjadi kebakaran lahan sejak dua tahun terakhir.

Zarman menyebut, telah membentuk enam kelurahan tangguh bencana pada kecamatan rawan Karhutla tersebut. Dimana masing-masing kelurahan ada 60-100 personil.

Pihaknya juga menyiapkan call center di nomor 08117651464, untuk pengaduan masyarakat yang menemukan terjadinya Karhutla di wilayah masing-masing.

“Ini sarana untuk penyampaian layanan pengaduan masyarakat, untuk quick respon dalam lokalisir titik api. Target kami zero fire,” pungkasnya. (Kmf)

Komentar

News Feed