oleh

5 Keutamaan Sholat Tahajud: Pembuka Pintu Surga hingga Kesehatan

MORALRIAU.COM – Sholat adalah suatu kewajiban bagi umat Islam. Dengan menunaikan sholat, seorang Muslim akan menjadi lebih tenang. Pahala yang diberikan oleh Allah Subhanahu wa ta’ala pun sangat besar bagi mereka yang taat menjalankan sholat wajib, termasuk juga sholat sunah.

Salah satu sholat sunah yang sangat baik dan dianjurkan untuk setiap Muslimin adalah tahajud. Sholat malam ini memiliki keutamaan sangat besar karena dilakukan di waktu berat, yakni tengah malam atau sepertiga malam hingga menjelang subuh.

Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

ﺇِﻥَّ ﻓِﻲ ﺍﻟﻠَّﻴْﻞِ ﻟَﺴَﺎﻋَـﺔً، ﻻَ ﻳُﻮَﺍﻓِﻘُﻬَﺎ ﺭَﺟُـﻞٌ ﻣُﺴْﻠِﻢٌ ﻳَﺴْﺄَﻝُ ﺍﻟﻠﻪَ ﺧَﻴْﺮًﺍ ﻣِﻦْ ﺃَﻣْﺮِ ﺍﻟﺪُّﻧْﻴَﺎ ﻭَﺍْﻵﺧِﺮَﺓِ ﺇِﻻَّ ﺃَﻋْﻄَﺎﻩُ ﺇِﻳَّﺎﻩُ، ﻭَﺫَﻟِﻚَ ﻛُﻞَّ ﻟَﻴْﻠَﺔٍ .

Artinya: “Sesungguhnya di malam hari terdapat waktu tertentu, yang bila seorang Muslim memohon kepada Allah dari kebaikan dunia dan akhirat pada waktu itu, maka Allah pasti akan memberikan kepadanya, dan hal tersebut ada di setiap malam.” (HR Muslim)

Berikut ini 5 keutaman melaksankan sholat tahajud, sebagaimana dikutip dari laman Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta, Minggu (28/6/2020):

1. Pembuka pintu surga

Sholat tahajud yang memiliki keutamaan besar diyakini akan mampu membuka pintu-pintu surga bagi hamba Allah Subhanahu wa ta’ala. Kaum Muslimin akan dapat meraup amal kebaikan dan pahala dari Allah melalui ibadah malam ini.

Dari Abdullah bin Salam radhiyallahu anhu, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

يَا أَيُّهَا اَلنَّاسُ! أَفْشُوا اَلسَّلَام, وَصِلُوا اَلْأَرْحَامَ, وَأَطْعِمُوا اَلطَّعَامَ, وَصَلُّوا بِاللَّيْلِ وَالنَّاسُ نِيَامٌ, تَدْخُلُوا اَلْجَنَّةَ بِسَلَامٍ

Artinya: “Wahai manusia. Sebarkanlah salam, jalinlah tali silturahmi (dengan kerabat), berilah makan (kepada istri dan kepada orang miskin), sholatlah di waktu malam sedangkan manusia yang lain sedang tidur, tentu kalian akan masuk ke dalam surga dengan penuh keselamatan.” (HR Tirmidzi no. 2485 dan Ibnu Majah Nomor 1334. Syaikh Al Albani dalam As Silsilah Ash Shohihah Nomor 569 mengatakan bahwa hadis ini sahih)

2. Menghilangkan kegundahan dalam jiwa

Dengan menjalankan Sholat Tahajud akan dapat menghilangkan kegelisahan dari jiwa setiap Muslimin. Permasalahan yang dihadapi bakal diberikan jalan keluar oleh Allah Subhanahu wa ta’ala ketika berdoa dan memohon ampun dalam sholat tahajud.

3. Mendatangkan kemuliaan dan kewibawaan

Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

“Dan ketahuilah bahwa kemuliaan dan kewibawaan seorang mukmin itu ada pada sholat malamnya.” (HR Hakim).

4. Penghapus dosa

Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

ﻋَﻠَﻴْﻜُﻢْ ﺑِﻘِﻴَﺎﻡِ ﺍﻟﻠَّﻴْﻞِ، ﻓَﺈِﻧَّﻪُ ﺩَﺃْﺏُ ﺍﻟﺼَّﺎﻟِﺤِﻴْﻦَ ﻗَﺒْﻠَﻜُﻢْ، ﻭَﻫُﻮَ ﻗُﺮْﺑَﺔٌ ﺇِﻟَﻰ ﺭَﺑِّﻜُﻢْ، ﻭَﻣُﻜَﻔِّﺮَﺓٌ ﻟِﻠﺴَّﻴِّﺌَﺎﺕِ، ﻣَﻨْﻬَﺎﺓٌ ﻋَﻦِ ﺍْﻹِﺛْﻢِ

Artinya: “Lakukanlah sholat malam oleh kalian, karena hal itu merupakan kebiasaan orang-orang salih sebelum kalian. Ia pun dapat mendekatkan kalian kepada Rabb kalian, menghapus segala kesalahan dan mencegah dari perbuatan dosa.” (HR Tirmidzi, hadis hasan)

5. Menjaga kesehatan tubuh

Menjalankan sholat tahajud juga berdampak penting bagi otak manusia. Pada waktu sepertiga malam, otak manusia akan melepaskan serotonin, beta endorsin, dan melatonin. Lepasnya ketiga zat tersebut akan membuat seseorang merasa lebih tenang sampai homeostasis terbangun. (okezone)

Komentar

News Feed